Cari Dakwah

Menuntut ilmu secara bertahap

Baca Juga :


Menuntut Ilmu Secara Bertahap

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang orang yang mengajar dan belajar dalam surat Ali Imran ayat 79:

… وَلَٰكِنْ كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُونَ

“... Jadilah seorang rabbaani ketika kalian mengajarkan Al Qur’an dan mempelajarinya!” (QS. Ali Imran: 79)

Tugas kita bukan hanya belajar semata, namun selaras dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala kehendaki, yakni belajar dengan metode Rabbaani. Pertanyaan besarnya, apa itu Rabbaani? Abdullah bin Abbas -radhiyallahu'anhu- menjelaskan makna Rabbaani kepada kita;

“Rabbaani adalah orang-orang yang mendidik manusia mulai dari hal-hal yang basic sebelum perkara-perkara yang besar dan sulit.” (Shahih Al-Bukhari, Bab: Al-'Ilmu Qoblal Qouli wal 'Amal).

Senada dengan perkataan Al Imam Ibnu Syihab:

"Barangsiapa yang mengambil ilmu sekaligus (langsung mengambil yang besar), maka akan hilang semuanya dalam waktu yang singkat juga. Karena ilmu hanya bisa dipelajari dengan berjalannya siang dan malam.” (Jami' Bayanil 'Ilmi wa Fadhlih; 464)

Inilah sebagai suatu kesimpulan, kalau mau sukses maka belajarlah dengan bertahap, pelan-pelan dan pelajari satu per satu karena itu adalah metode para ulama kita. Karena ini adalah konsep Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana apa yang telah Allah firmankan dalam menjawab metode turunnya Al Qur’an dari orang-orang kafir:

‏﴿٣٢﴾ وَقَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ ٱلْقُرْءَانُ جُمْلَةً وٰحِدَةً ۚ كَذٰلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِۦ فُؤَادَكَ ۖ وَرَتَّلْنٰهُ تَرْتِيلًا

Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?";  demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar). (QS. Al Furqon: 32)

Demikiannya hati Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam yang dikokohkan secara bertahap. Karena inilah konsep Allah Subhanahu wa Ta’ala. Konsep yang dapat diimplementasikan pada bidang keilmuan apapun; yakni menguasai secara bertahap. Dari perihal yang termudah dan terkecil hingga bertahap ke hal yang besar dan sulit. Inilah konsep sukses yang Allah tawarkan; kalau kita mau sukses, maka jadilah orang Rabbaani.

Sumber: www.muhammadnuzuldzikri.com.
(Kajian "Bagaimana 'Mereka' Belajar?", selengkapnya di http://bit.ly/2jf7XSC )_

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments