Cari Dakwah

Fiqih sholat 2 gerhana

Baca Juga :


 ...

(UNDANGAN UMUM. Insyaallah pada saat gerhana bulan nanti (rabu 31/01/2018), Masjid Al-Hidayah Bidakara akan menyelengarakan Sholat gerhana (kira-kira pukul 21:07). Yang akan bertindak sebagai Imam dan Khatib  adalah: Aan Candra Talib) ⠀

FIQIH SHOLAT DUA GERHANA

1. Sholat dua gerhana merupakan sunnah muakkadah

2. Pelaksanaannya dilakukan secara berjamaah di masjid

3. Tak ada adzan khusus untuk dua sholat ini, namun dianjurkan bagi bilal untuk menyeru kaum muslimin dengan seruan:⠀

الصلاة جامعة....⠀

ASSHALATU JAMIA’AH⠀

Hal ini didasarkan pada hadits yang muttafaq alaihi dari Ibnu Umar -radhiallahu anhu-⠀

4. Sholat gerhana dimulai sejak awal berlangsungnya gerhana hingga gerhana tersebut berakhir. Namun bila sholat gerhana usai sebelum gerhananya berakhir maka tidak apa-apa, hanya saja dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan do’a hingga gerhana tersebut berakhir.

5. Tata cara sholat gerhana
Shalat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat dengan dua kali ruku pada setiap rakaat.
Setelah takbiratul ihram bacalah istiftah, lalu lanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah. Kemudian bacalah surat yang panjang seperti Al-Baqarah, Ali Imran, Attaubah dll.

Setelah itu rukuklah dengan rukuk yang panjang. Sebab Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan ,”Belum pernah aku melakukan sujud dan ruku` yang lebih panjang dari ini.” (HR. Muttafaqun alaihi). Kemudian bangkitalah dari ruku’ lalu bacalah surat Al-Fatihah, setelah itu lanjutkan dengan membaca surat yang panjang. Kemudian ruku’lah dengan ruku yang panjang, lalu bangkitlah untuk melakukan i’tidal. Kemudian sujudlah dengan dua sujud yang panjang. Lakukan tata cara diatas pada rakaat berikutnya.⠀

Catatan:⠀

Apakah ada bacaan khusus dalam rukuk dan sujud yang panjang tersebut. .?⠀

Jawabannya tidak ada, hanya saja dianjurkan untuk memperbanyak tasbih pada kedua ruku’ dan sujud tersebut.

Bila sholat telah ditunaikan, hendaknya sang imam menyampaikan khutbah yang berisi peringatan tentang kebesaran Allah, menyeru manusia untuk memperbanyak do’a, bersedekah dan istigfar. Hal ini berdasarkan hadits Ummul Mukminin yang telah kami sebutkan di atas.

Wallahu a'lam

Act
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments