Cari Dakwah

Hukum bohong ke keluarga karena ikut kajian

Baca Juga :


❓Bohong ke Keluarga Karena Dilarang Kajian
.
💭kalau kita mau jalan ke mesjid atau pengajian tetapi bohong kepada orang tua bilangnya mau keluar ketemu teman atau main ama teman gimana ya? Orang tua saya sebenarnya agamanya baik tetapi gara-gara ada kenalan yang awalnya ikut-ikut pengajian malah masuk organisasi keislaman yang kurang baik. jadi agak apatis ama pengajian2 gitu ama terlalu rajin shalat di masjid
.
✅ Kalau boleh kami sarankan. Anda selayaknya mencari waktu yang tepat dengan bahasa yang tepat untuk memberikan penjelasan ke orang tua tentang kajian yang akan anda ikuti.
.
✅Jelaskan kepada beliau bahwa kajian anda sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah ﷺ , tidak ekstrim kanan dan tidak ekstrim kiri. Apabila ada yang rajin kajian dan ke masjid ternyata dia malah menjadi orang yang ekstrim dan melenceng dari syariat yang benar maka itu adalah oknum dan kajian nya juga diisi oleh oknum.
.
🔽Tidak semua kajian seperti itu. Kalau perlu anda mengajak orang tua anda ikut ke kajian anda supaya beliau mendengar langsung apa yang disampaikan
.
✅Jelaskan kepada orang tua anda tentang wajibnya shalat fardhu berjamaah di masjid bagi laki laki sehingga anda rajin ke masjid. Jelaskan pula kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk selalu menuntut ilmu sehingga diharapkan orang tua anda mengizinkan anda ke masjid dan menuntut ilmu. Bahkan diharapkan semoga orang tua anda jadi rajin seperti anda.
.
✅Tunjukkan totalitas anda dalam berbakti kepada orang tua sebagaimana yang diperintahkan dalam Al Qur'an dan Sunnah. Sehingga orang tua anda tahu bahwa apa yang anda lakukan selama ini bukanlah suatu hal yang salah.
.
📌 Ulama' yang duduk di Komite tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Di sini di Yaman terdapat pusat-pusat ilmu Ahlussunnah wal Jamaah. Jika saya ingin pergi ke sana, saya tidak bisa pergi kecuali dengan cara menipu dan sembunyi-sembunyi dari ayah, yang setelah itu akan marah pada saya. Apa hukum perbuatan saya tersebut?
.
🎙 *Mereka  menjawab:*
Kehadiran Anda di majlis ulama-ulama Ahlussunnah wal Jamaah dan mengambil ilmu dari majlis tersebut merupakan perbuatan baik sehingga ayah Anda tidak punya hak untuk melarang Anda. Berupayalah dengan hikmah dan nasihat yang baik untuk memahamkan ayah Anda tentang hal itu.
.
🔽Jika ayah Anda bukan penganut mazhab Ahlussunnah wal Jamaah, maka nasihatilah ia dan jelaskan kepadanya dengan dalil bahwa mazhab Ahlussunnah adalah mazhab yang benar dan mazhab yang dianut oleh Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan para sahabat beliau radhiyallahu anhum serta (sampaikan juga bahwa) hal yang wajib dilakukan adalah menaatinya, berkomitmen dengannya, dan meninggalkan hal yang berlawanan dengannya.
.
⚠ Berhati-hatilah untuk tidak lalai dalam berbakti (berbuat baik) kepada ayah Anda dan bersikap baik terhadapnya dan berjuanglah untuk melakukan hal itu, niscaya Anda akan mendapatkan pahala -insya Allah Taala- atas baktimu kepadanya dan keinginan Anda terhadap kebaikan bagi diri Anda dan baginya. Namun Anda tidak boleh menaatinya dalam hal yang berlawanan dengan syariat Islam yang suci, berdasarkan sabda Nabi ﷺ Sesungguhnya kepatuhan itu dalam hal-hal kebajikan.
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻  facebook.com/muslimah.salafyy
📢Telegram : t.me/muslimahsalafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : www.salamdakwah.com
👤Pemateri : Ustadz Mukshin Suaidi,Lc MA
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner