Cari Dakwah

Awas hadis hadis palsu amalan keutamaan Bulan Rajab

Baca Juga :


HADITS PALSU BULAN RAJAB PERTAMA
.
“Barangsiapa berpuasa tiga hari pada bulan Rajab, dituliskan baginya (ganjaran) puasa satu bulan, barangsiapa berpuasa tujuh hari pada bulan Rajab, maka Allah tutupkan baginya tujuh buah pintu api Neraka, barangsiapa yang berpuasa delapan hari pada bulan Rajab, maka Allah membukakan baginya delapan buah pintu dari pintu-pintu Surga. Dan barangsiapa puasa nishfu (setengah bulan) Rajab, maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah.”
.
Keterangan : HADITS INI MAUDHU’ (PALSU)
.
Hadits ini termaktub dalam kitab al-Fawaa-idul Majmu’ah fil Ahaadits al-Maudhu’ah (no. 288). Setelah membawakan hadits ini asy-Syaukani berkata: “Suyuthi membawakan hadits ini dalam kitabnya, al-Laaliy al-Mashnu’ah, ia berkata: ‘Hadits ini diriwayatkan dari jalan Amr bin al-Azhar dari Abaan dari Anas secara marfu’.”
.
Dalam sanad hadits tersebut ada dua perawi yang sangat lemah,
.
1. ‘Amr bin al-Azhar al-‘Ataky
.
Imam an-Nasa’i (wafat 330 H) rahimahullah mengatakan, “Dia Matrukul Hadits.”. Imam al-Bukhari (wafat 256 H) rahimahullah mengatakan. “Dia dituduh sebagai pendusta.”. Imam Ahmad (wafat 241 H) rahimahullah mengatakan, “Dia sering memalsukan hadits.”
.
- Lihat  Imam an-Nasa’i, Kitab adh-Dhu’afa wa Matrukin, Mizaanul I’tidal (III/245-246), al-Jarh wat Ta’dil (VI/221) dan Lisaanul Mizaan (IV/353)
.
2. Abaan bin Abi ‘Ayyasy, seorang Tabi’in shaghiir.
.
Imam Ahmad (wafat 241 H)  dan Imam an-Nasa’i (wafat 330 H) mengatakan, “Dia Matrukul Hadits (ditinggalkan haditsnya).” Kata Yahya bin Ma’in: “Dia matruk.” Dan beliau pernah berkata: “Dia rawi yang lemah.”
.
- Lihat Imam an-Nasa’i, Kitab adh-Dhu’afa wa Matrukin (no. 21), Mizaanul I’tidal (I/10), al-Jarh wat Ta’dil (II/295), Taqriibut Tahdzib (I/51, no. 142)
.
Hadits ini diriwayatkan juga oleh Abu Syaikh dari jalan Ibnu ‘Ulwan dari Abaan. Kata Imam as-Suyuthi (wafat 911 H) mengatakan, “Ibnu ‘Ulwan adalah pemalsu hadits.”
.
- Lihat al-Fawaaidul Majmu’ah (hal. 102, no. 288)
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments