Search

Hukum mendengar murotal Alquran untuk pengantar tidur

Baca Juga :



📻🎧Hukum Mendengar Murattal Untuk Pengantar Tidur
.
💬Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin ditanya: “sebagian orang mendengarkan Qur’an sebelum tidur, atau juga ketika sedang sibuk mengerjakan yang lain. Apakah ini adab yang baik dan bagaimana hukumnya?”
.
✏Beliau menjawab:
.
هذا ليس من الآداب، ليس من الآداب أن يتلى كتاب الله ولو بواسطة الشريط وأنت متغافل عنه، لقول الله تبارك وتعالى: { وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا }
.
“(mendengarkan murrattal sambil mengerjakan yang lain) ini bukan adab yang baik. Bukan adab yang baik terhadap Al Qur’an jika Al Qur’an dibacakan lalu ia sibuk mengerjakan yang lain, berdasarkan firman Allah Ta’ala (yang artinya): ‘Jika dibacakan ayat Qur’an maka dengarkanlah dan diamlah‘ (QS. Al A’raf: 204)”
.
Lalu beliau mengatakan:
.
بعض الناس يقول لي: لا ينام إلا على سماع القرآن، إذا كان كذلك فلا بأس إذا كان مضطجعاً ينتظر النوم ما عنده شغل، فيستمع هذا لا بأس به، ومن استعان بسماع كلام الله، على ما يريد الإنسان من الأمور المباحة، لا بأس ليس هناك مانع
.
“Sebagian orang berkata kepadaku: saya tidak bisa tidur kecuali dengan mendengar Al Qur’an. Jika demikian maka tidak masalah. Jika ia sudah berbaring, menunggu tertidur dan tidak mengerjakan apa-apa lalu ia mendengarkan Al Qur’an, maka tidak mengapa. Dan meminta pertolongan dengan kalamullah (Al Qur’an) untuk perkara-perkara mubah yang diinginkan, hukumnya mubah. Tidak ada masalah”.
.
(Liqa Baabil Maftuh, 146/9)
.
.
#dakwahtauhid #dakwah #tauhid #murottal #tidur #alquran
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments