Cari Dakwah

Bagaimana cara membedakan Ustad yang benar manhaj salaf dan tidak?

Baca Juga :


APAKAH USTADZKU BERMANHAJ SALAF?
Bismillah...
.
Untuk bisa membedakan seorang Ustadz itu bermanhaj Salaf atau bukan, maka ini butuh perincian (tafshil), ilmu, pemahaman dan kesabaran.

Namun, secara global bisa diperhatikan sebagai berikut :

1⃣ Dia berpegang teguh dengan ajaran Nabi shallallaahu ‘alayhi wa sallam dalam segala hal baik aqidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah.

2⃣ Dia menfokuskan dakwahnya sebagaimana dakwahnya para Nabi yaitu mengajak kepada TAUHID yang murni dan membantah segala bentuk KESYIRIKAN.
.
3⃣ Dia mengajak untuk kembali kepada Kitabullaah dan sunnah Rasulullaah menurut pemahaman Salaf dalam segala hal, terutama di kala berbeda pendapat.

4⃣ Dia tidak mengajak kepada golongan, kelompok, ormas, person/figur. Namun hanya mengajak untuk mengikuti Nabi yang mulia.

5⃣ Dia senantiasa berdalil dan tidak keluar dari firman Allaah dan sabda Rasulullaah serta aqwal (ucapan) para ulama Salaf.

6⃣ Dia mengajak untuk menghormati dan memuliakan para Shahabat, Tabi'in dan ulama tabi'ut tabi'in, termasuk para imam madzhab yang empat. Namun dia TIDAK fanatik dengan salah satu dari mereka.

7⃣ Dia tidak mengajak untuk melakukan pencelaan terhadap penguasa kaum muslimin, menghujat, mendiskreditkan dan melepaskan ketaatan kepada penguasa kaum muslimin dalam hal yang ma'ruf.

8⃣ Dia tidak mudah menvonis kafir, bid'ah dan sesat kepada person tertentu secara spesifik. Karena Salafy BERHATI-HATI di dalam menvonis dan menghukumi seseorang, yaitu harus dengan ilmu, iqomaul hujjah (menegakkan hujjah dahulu) dan izalatul mawani' (menyingkirkan penghalang-penghalang).
.
9⃣ Dia dalam hal ibadah dan fiqh lebih berpegang dengan hadits Nabi yang shahih dibandingkan pendapat ulama yang menyelisihi hadits yang shahih. Serta dia menjauhi bid'ah dan perkara-perkara baru yang diada-adakan di dalam agama.

1⃣0⃣ Dia memiliki akhlaq yang baik, ucapan yang hikmah dan ilmiah.

1⃣1⃣ dan lain-lain...
➖➖➖
📝 Al Ustadz Abu Salma Muhammad
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments