Search

Bagaimana menghadapi senior yang arogan?

Baca Juga :


❓BAGAIMANA MENGHADAPI SENIOR YANG AROGAN ❓💦
.
❓Ada seorang yang lebih pintar dalam hal ilmu agama dan bisa dikatakan senior.
.
❓Apakah boleh dia menjudge (menge-CAP) orang yang sedang miniti jalan hijrah (dikatakan orang yang lebih sedikit ilmunya) daripada senior tadi, dengan cap ~anak jelek/nakal~ di pondok , karena masa lalu anak tersebut, lalu menyebarkannya keseluruh santri supaya tidak bergaul dengan anak tersebut. Apakah hal itu diperbolehkan Ustadz? Dan bagaimana menyikapinya?
.
▶ Seorang yang dikatakan senior apalagi di dalam agama adalah bukan orang yang lebih tua dari sisi usia saja atau lebih dahulu belajar, tapi juga harus menunjukkan keseniorannya dari sisi ilmu yang tampak pada sifat tawadhu, hikmah, ngemong yang muda, tidak sombong dan arogan, tidak mudah menvonis dan menjudge apalagi menyebabkan orang menjauh darinya...
.
🔥 Haram hukumnya mengungkit keburukan masa lalu seorang yang telah hijrah (bertaubat) apalagi sampai mengungkapnya dan membongkarnya.
Ini lebih dari ghibah, dan sikap seperti ini adalah sikapnya orang-orang tidak berilmu walaupun dia dikatakan senior.
.
🌱Jika ada senior seperti itu, maka sikapi dengan sabar, tenang, tidak terhasut, tidak usah emosi, banyak istighfar dan bersyukurlah, karena bisa jadi dosanya terhapus karenanya.
.
👉 Ketahuilah ucapan manusia itu tidak memberikan madharat sedikitpun, karena itu kita tidak usah dipusingkan dengan ucapan, label dan judge orang lain. Cukuplah hanya Allah saja tujuan kita dan Dia Maha Mengetahui, Maha Melihat lagi Maha Adil.
.
🌱wallahu a'lam🌱
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻  facebook.com/muslimah.salafyy
📢Telegram : t.me/muslimahsalafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : https://bit.ly/abusalma
👤Pemateri :  Ustadz Abu Salma Muhammad حفظه الله
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments