Cari Dakwah

Bolehkah wanita tidak berhijab saat membaca Alquran?

Baca Juga :


BOLEHKAH WANITA TIDAK BERHIJAB SAAT MEMBACA AL QURAN? ❁

Pertanyaan ❓ :

1. Wanita wajib mengenakan hijab tdk di dalam setiap kondisi. Wanita diperintahkan berhijab secara sempurna apabila keluar rumah, ada non mahram di sekitarnya, atau ketika akan sholat juga diperintahkan utk menutup aurat sebagai syarat sah nya sholat.

2. Berdoa, berdzikir, membaca al-Qur'an dan semisal tdk dipersyaratkan harus mengenakan hijab. Karena itu tdk mengapa membaca al-Qur'an dalam kondisi tdk berhijab.

3. Walau demikian, hendaknya seseorang yg akan berinteraksi dengan Kalamullah (Firman Allah), dia menunaikan adab/etikanya, semisal : bersiwak, berwudhu, menghadap kiblat, dst... Namun, ini adalah etika/adab, bukan kewajiban.

👤Syaikh 'Utsaimin rahimahullahu ketika ditanya ttg membaca al-Qur'an tanpa hijab, beliau rahimahullahu menjawab :

.  لا حرج في قرأءة القران دون حجاب ، ويطلب الحجاب من المرأة اذا كانت في مكان تخشى ان يراها رجال اجانب فاذا كانت في هذا الموضع وجب عليها ستر جميع بدنها ماعدا الوجه والكفين (مع الاختلاف بين العلماء في كشف الوجه والكفين فمنهم من قال بجوازه ومنهم من قال بعدم جوازه ) .

📝Tidak mengapa wanita membaca al-Qur'an tanpa hijab. Hijab itu dituntut harus dikenakan wanita apabila ia berada di tempat yang dikhawatirkan dirinya dilihat oleh laki-laki asing (non mahram). Jika wanita tsb berada di tempat seperti ini (ada pria asing), maka wajib baginya menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan (meskipun ada perbedaan pendapat diantara ulama antara yang membolehkan membuka wajah dan telapak tangan dengan yang tdk membolehkannya).

Sumber : [Fatawa Ibnu 'Utsaimin 1/420 via perantaraan islamweb]
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments