Cari Dakwah

Fatwa Syaikh Ibrahim Ar ruhaili seputar demo

Baca Juga :


📓Fatawa Syaikh Ibrahim Ar Ruhaili seputar demo
.
🌱 (kami nukilkan secara makna)
.
💭Bagaimana hukum demo jika dengan demo itu terwujud maslahat orang banyak?
.
▶Demo itu tidak mewujudkan maslahah rajihah (maslahat yang lebih besar dari mafsadat-nya). Misalkan demo menuntut kenaikan upah. Lalu pemerintah pun menaikan upah karena demo tersebut. Maka akan terpatri di hati masyarakat, bahwa dengan demo, yang diminta akan dikabulkan. Maka bermunculanlah demo-demo yang lain, yang akan menimbulkan kekacauan. Maka ini bukan maslahah rajihah.
.
___
.
💭Bagaimana hukum demo untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sesuai syariat. Misalnya pemerintah melarang pernikahan sesama jenis, lalu ada sekelompok orang menentangnya, lalu kaum Muslimin demo untuk mendukung kebijakan tersebut.
.
▶Demo hukumnya tetap tidak boleh. Karena dengan adanya demo tersebut bisa memunculkan demo lain dari orang-orang yang menentang, kemudian mereka saling memerangi, sehingga timbul fitnah. Kaum Muslimin saling memerangi. Ini fitnah.
.
💕Hendaknya dalam keadaan ini kalian dukung pemerintah, kalian utarakan dukungan kalian dalam majelis-majelis, dalam ceramah-ceramah. Dan doakan kebaikan bagi pemerintah kalian. Adapun demo sama sekali tidak ada kebaikan di dalamnya, orang pintar bersama orang jahil semuanya sama-sama turun, maka yang terjadi adalah fitnah.
.
❓PILIH MANA?
.
🍁"siapa yang melihat sesuatu yang tidak ia sukai dari pemimpinnya maka bersabarlah" (HR. Bukhari no. 7053).
.
💔Sedangkan kata da'i provokator: "siapa yang melihat sesuatu yang tidak ia sukai dari pemimpinnya maka bangkit dan lawan!"
.
👤Syaikh Ibrahim Ar Ruhaili mengatakan: "adapun du'at fitnah (para da'i yang gemar membuat fitnah) malah memerintahkan orang untuk melawan dan memberontak, sedangkan bersabar terhadap pemimpin dianggap kelemahan dan kehinaan. Maka seorang mukmin silakan pilih perkataan mana yang akan ia benarkan!"
.
📚[Fawaid Daurah Syar'iyyah 3, Surakarta]
.
🌱wallahu a'lam🌱
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻  facebook.com/muslimah.salafyy
📢Telegram : t.me/muslimahsalafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : @fawaid_kangaswad
👤Pemateri :  Ustadz Yulian Purnama حفظه الله تعالى
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments