Cari Dakwah

Hukum berkata "misi mbah numpang lewat" di tempat angker dalam Islam

Baca Juga :




Meminta Perlindungan Kepada Selain Allah

Pernah dengar ucapan orang yang singggah di suatu tempat yang terlihat ‘angker’, ‘Amit mbah permisi numpang lewat’. Atau ucapan orang yang mau buang hajat di tengah hutan dengan ucapan, ‘permisi mbah mau buang hajat’. Kedua ucapan ini setidaknya memiliki dua makna :

1. Orang yang mengucapkan takut, lantas meminta pertolongan kepada jin atau yang dia anggap sebagai roh penunggu tempat tersebut agar tidak diganggu.
2. Pada sebagian masyarakat kata ‘mbah’ itu dimaknai dengan harimau jika di tengah hutan belantara.

Jika kita tilik kasus ini muncul karena adanya rasa takut dari orang tersebut terhadap sesuatu yang tidak dia lihat. Kalau di dalami lagi yang dia takutkan adalah gangguan dari makhluk lain yaitu jin. Maka sungguh telah tetap firman Allah Ta’ala,

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا
.
“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari kalangan jin, maka jin-jin itu menambah bagi rohaqo”. (QS. Al Jin [72] : 6)

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh Hafizhahullah menyampaikan keterangan mirip yang disampaikan Ibnu Katsir Rohimahullah,
.
“Makna (رَهَقًا) adalah ketakutan, guncang di hati dan menjadikan mereka salah, berdosa dan dungu. Kebersalahan, kedunguan dan dosa di sini dapat secara badan dan ruhiyah. Kalau keadaannya demikian (manusia takut kepada jin) maka jin pun merasa diagungkan dan keburukannya pun akan bertambah.

Dahulu orang-orang musyrik memiliki akidah, keyakinan bahwa pada setiap tempat yang mereka singgahi semisal lembah atau selainnya ada yang berkuasa dari kalangan jin yang menunggui tempat tersebut. Tempat tersebut dikuasinya dan dia berada di situ.

Mereka dahulu jika singgah di sebuah lembag atau tempat tertentu maka mereka akan mengucapkan, ‘Kami mohon perlindungan pada penguasa tempat ini’ yang mereka maksudkan adalah sang jin. Maka merekapun meminta perlindungan dari jin dengan tujuan agar menjaga mereka keburukan tempat tersebut.

Sunber: https://alhijroh.com/aqidah/meminta-perlindungan-kepada-selain-allah/

#instagram #islam #kajianislam #dakwahtauhid #doapelerlindungan

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments