Cari Dakwah

Berita serangan jangkrik atau belalang ke mekah benar atau hoax?

Baca Juga



BELALANG MENYERANG MAKKAH PERINGATAN BAGI UMAT ISLAM ?!
(Bahasa satire)

Akhir akhir ini, penggiat CLICK BAIT (nanti saya jelaskan) kembali menggempur media sosial dengan berita Belalang atau Jangkrik yang menyerbu Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi.
Mereka membuat adonan "bumbu" untuk masakan Belalang atau Jangkrik ini dengan resep HOAX tendensius yang begitu memecah langit dunia maya dan membahana raya di tanah air.
Apalagi beranda Admin dipenuhi dengan pertanyaan seputar jangkrik ini.

Apa itu CLICK BAIT ? sebagaimana yang dilansir (https://spaceku.com/apa-itu-clickbait/)
Clickbait atau jebakan klik yang sering ditemui saat browsing. Singkatnya Clickbait ialah trik membuat judul yang sensasional agar pembaca penasaran dan mengklik judul berita tersebut. Namun seringkali, yang membuat jengkel ialah saat judul Clickbait tidak sesuai dengan isi berita yang diinformasikan.

Nah, click bait ini bukan tidak ada sumbu penyebabnya. Baiklah…saya buat runtutan "MLM" hoax kenapa cepat viral dibandingkan Iklan yang berkualitas yang harga 3 menitnya mencapai puluhan juta.

1. Masyarakat kita (secara umum manusia semuanya) adalah pemalas baca. Yaitu malas membaca artikel secara lengkap dengan penalaran yang benar. Mereka cenderung lebih cepat berspekulasi liar HANYA dengan membaca judul yang asin dengan bumbu hiperbola atau terlalu "UMAMI" dengan frasa frasa micin khas hoax. Seperti ,"HEBOH, Anggota DPR tertangkap CCTV dengan bla bla.." atau "ASTAGHFIRULLAH, Dari bawah KA'BAH muncul jangkrik dan belalang Sebagaimana burung ababil yang membantai pasukan bergajah Abrahah."
2. Masyarakat dunia maya rata rata memiliki daya akal rendah namun emosional yang tinggi. Sehingga tinggal disulut lagi api "provokasi'' setitik maka beranda facebook anda dipenuhi dengan perang terbuka yang penuh dengan kebun kebun binatang hingga typo menulis umpatannya dan makiannya. Apalagi dengan berita hoax, asumsi asumsi dungu dan liar begitu bebasnya tanpa ada yang mengendalikan. Hal ini membuat PEMBACA BARU semakin penasaran dan akhirnya ikut mengklik berita HOAX itu lalu semakin terpacu untuk ikut serta dalam pergulatan Online itu apalagi karena komentarnya sampai ribuan. Beginilah system MLM dimulai dan yang di untung kan tentu saja seorang anak SMP yang duduk di WARNET yang baru saja belajar Bahasa Hiperbola tadi siang di sekolahnya. Lalu mendapat berita seru yang ia bumbui dengan Bahasa hiperbola tadi siang lalu menyebarkannya di beranda facebook miliknya. Dia tidak tahu, kenapa ATM nya tiba tiba penuh di akhir bulan karena Adsense yang ia pasang di blogspotnya begitu Viral membahana memecah alam baka katanya.

Baik, admin akan masuk ke pembahasan JANGKRIK DAN BELALANG yang menyerbu Kota Makkah ala tentara bergajah Abrahah (?)

Belalang atau jangkrik adalah sejenis serangga yang cepat pertumbuhannya serta musuh utama para petani karena susah dikendalikan apalagi pertumbuhannya mencapai jutaan ekor hanya dalam beberapa hari saja.

Anda bisa cek di youtube betapa mudahnya berternak jangkrik untuk pakan hewan ternak atau burung/ikan hias. Hanya perlu media kotak kayu lembab, lalu diisi daun pisang kering dan sisa sayuran. Dalam beberapa minggu anda tinggal menjual satu plastik kecil jangkrik dengan harga 5000 rupiah. Anda bisa cepat kaya jika pasarnya bagus. Tetapi disini bukan membahas UKM …

FAKTOR MUNCULNYA JANGKRIK

1. Pertumbuhan jangkrik dan belalang sangat cepat dan tidak terkendali apalagi jika menjadi epidemik dan didukung musim dingin misalnya, tentu jangkrik akan mencari tempat yang bercahaya, karena menurut instingnya, cahaya berarti panas. Sedangkan di kota Makkah, satu satunya cahaya yang paling terang adalah Masjidil haram. Karena sekitarnya hanya gurun pasir.

2. Memang Makkah sangat kering kerontang, tetapi anda harus ingat. Bahwa jangkrik yang datang berasal dari daerah subur sekitar Makkah seperti Thaif. Apalagi hanya satu jam dengan mobil untuk mencapai kota Thaif dari Makkah. Dan sebagian pemasok sayur untuk Saudi berasal dari Thaif. Apalagi kota Thaif ini sangat dingin di musim panas, dan semakin membeku di musim dingin. (di Madinah saja ketika admin menulis ini suhu mencapai 13 derajat Celsius). Jadi factor kemunculannya jelas bukan tiba tiba berasal dari tanah apalagi muncul dari bawah Ka'bah. Di sini anda bisa melihat bagaimana berita HOAX mampu menggiring opini publik ke arah yang semakin tidak rasional. Sebagai bukti tambahan, beberapa hari sebelum berita Jangkrik mencuat, saya melihat postingan teman saya yang sedang berada di Thaif yang ketika itu dipenuhi dengan embun embun yang luar biasa pekat. Bahkan mobil harus menyalakan lampunya di jalan raya. Apalagi Thaif memang tanah subur dan sangat hijau, kalua anda menyimak jualan saya yaitu parfum arab WARD THAIFI pasti anda langsung mengerti bahwa Mawar Thaifi ini berasal dari daerah kemunculan jangkrik karena memang lahan hijau nan subur.

3. Khusus Belalang, Orang orang Saudi asal Buraydah misalnya sangat senang mengonsumsi belalang. Apalagi diklaim mampu menguatkan Al Manna'ah atau Imunitas tubuh khususnya bagi orang tua yang tidak tahan dingin. Bahkan hal ini bukan baru terjadi, Al Jazera pernah merilis berita tertanggal 5 maret 2013 bahwa warga Buraydah memakan belalang yang lagi musim dengan cara mengeringkannya lalu dibakar dengan arang. Apalagi kita tahu bahwa kebanyakan serangga adalah sumber protein hewani yang diklaim berkali kali lebih hebat daripada daging. Apalagi tanpa kolesterol.
bahkan ada seorang kakek kakek tua asal Saudi yang diwawancara ia berkata, "Kami berpegangteguh dengan ucapan orang tua kami bahwa 'jika tiba musim belalang maka tumpahkanlah obat obatan' artinya obat tidak lagi dibutuhkan karean saking banyaknya belalang di sana.

4. Baru saja saya mengecek berita @ajelnews24, bahwa pasar dari distrik AL AFLAJ Arab Saudi kebanjiran produk belalang. Apalagi harganya melambung tinggi yaitu mencapai 200 riyal atau sekitar 800.000 rupiah per karung kecil. (nanti saya sertakan gambarnya). Artinya belalang bukan menjadi Musibah bagi warga Saudi, justru menjadi pundi pundi uang musiman yang menjadi rezeki bagi masyarakat di sana. Tetapi di tanah air kita sibuk berasumsi bahwa belalang ini menjadi pertanda musibah. Terkadang lucu juga masyarakat dunia maya.

5. Youtube pun tidak ketinggalan mendulang berita hoax, hal ini terbukti saya sendiri yang ingin melihat berita hoax yang dibuat oleh seorang warga mesir tentang Belalang Saudi. Video itu baru saja dirilis 8 januari 2019 , hanya dalam waktu sekitar 4 hari. Video tersebut menjadi viral dan telah ditonton 5.174.717 kali !!! . luar biasa pemirsa..bagaimana hoax sukses menjadi ajang pendulang adsense. Memang judulnya sangat hiperbola "setelah Kain Ka'bah tersingkap, Jangkrik menyerbu masjidil haram''. Hal ini persis sebagaimana yang saya katakana tadi.

6. Silakan menyebar berita selama itu benar. Tidak masalah menjadi mata pencaharian anda dengan syarat semuanya halal dan bukan hoax 100%.

7. Para pembenci Arab Saudi, kerap menganalogikan bahwa Kerajaan Saudi adalah Firaun yang dahulu Allah Jalla wa'ala azab dengan diutusnya belalang belalang. Sebagaimana di ayat berikut. Di surat al A'raf ayat 133 Allah ta'ala berfirman,
''Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.'' . namun kaum pemakan hoax memang benar benar menyetir ayat ini dan diarahkan ke Arab Saudi serta membuat tafsir tafsir bil majhul seakan akan ayat ini adalah tanda kehancuran bagi kerajaan Arab Saudi yang dipenuhi Ulama dan Penghafal AlQuran. Sungguh miris sekali melihat kaum muslimin menjadi panah bagi Kaum Muslimin sendiri akibat berita berita hoax yang akan dipertanggung jawabkan di Akhirat kelak, itu pasti.

8. Bukankah di Indonesia juga pernah ada serangan serangan belalang yang membabi buta ke perkebunan yang menyebabkan rugi miliyaran rupiah, apakah ada yang berani berasumsi bahwa itu adalah azab Allah. Memang Allah mengirim ujian kepada kita akibat dosa dosa yang kita lakukan. Tetapi melangkah lebih jauh dari batas ini dengan mengatakan bahwa Arab Saudi diazab Allah dengan belalang dan jangkrik telah melampaui batas batas akal dan dalil AlQuran dan hadits yang shahih. Penggiat hoax dan yang berkomentar liar tentangnya sama saja MENDIKTE Allah ta'ala (Allah maha tinggi dari tuduhan mereka). Dari mana mereka tahu yang diazab adalah Arab Saudi ? Jibril mana yang turun kepada Nabi Hoax mereka yang memberitakan Bahwa Saudi yang diazab dengan belalang ? AlQuran mana yang menyebutkan kata ARAB SAUDI lalu diazab dengan belalang ? atau hanya akal akalan anda yang membuat buat dalil palsu dengan tafsir bil majhul demi mencari clickbait berita berita hoax yang viral. Semoga Allah memberi hidayah bagi mereka.

Rasulullah shala Allahu alaihi wasallam bersabda “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.”  (HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah no. 3314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Bahkan Para sahabat dahulu juga memakan belalang dalm perang, artinya belalang, ''Kami berperang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam tujuh atau enam peperangan. Kami memakan belalang bersama beliau” [HR Al Jamaah kecuali Ibnu Majah] artinya belalang itu hewan halal dan kemunculannya tidak bisa dikaitkan dengan musibah. Allahu A'lam.

Ditulis oleh fauzi Rifaldi, mahasiswa Magister fak. Dakwah  di Islamic University of Medinah, Saudi Arabia.
Ditulis di Kota Madinah, Hay Al Qiblatayn di puncak musim dingin 5 Jumadil Awal 1440 H atau 11 januari 2019.

Motto : Islam tidak butuh hoax untuk menggapai kembali kejayaanya, tunggulah kejayaan itu dengan belajar Tauhid yang benar serta ikutilah AlQuran dan Sunnah yang Shahih sesuai pemahaman para sahabat Rasulullah shala Allahu alaihi wasallam.

Kabar Madinah
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS