Cari Dakwah

Definisi ahlus sunnah wal jamaah

Baca Juga





DEFINISI AHLUS SUNNAH wal JAMAAH
.
As-Sunnah menurut bahasa (etimologi) adalah jalan/cara, apakah jalan itu baik atau buruk. [Lisanul 'Arab (VI/399)]
.
Sedangkan menurut ulama Aqidah (terminologi), as-Sunnah adalah petunjuk yang telah dilakukan oleh Rasulullah ﷺ dan para Sahabatnya, baik tentang ilmu, I'tiqad (keyakinan), perkataan maupun perbuatan. Dan ini adalah as-Sunnah yang wajib diikuti, orang yang mengikutinya akan dipuji dan orang yang meyalahinya akan dicela. (Buhuts di 'Aqidah Ahlis Sunnah hlm.16)
.
Disebut al-Jama'ah, karena mereka bersatu diatas kebenaran, tidak mau berpecah belah dalam urusan agama, berkumpul di bawah kepemimpinan para imam (yang berpegang kepada) al-haqq (kebenaran), tidak mau keluar dari jama'ah mereka dan mengikuti apa yang telah menjadi kesepakatan Salaful Ummah. (Mujmal Ushul Ahlis Sunnah wal Jama'ah file 'Aqidah)
.
Al-Jama'ah menurut ulama Aqidah (terminologi) adalah generasi pertama dari ummat ini, yaitu kalangan Sahabat, Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in serta orang-orang yang mengikuti dalam kebaikan hingga hari Kiamat, karena berkumpul diatas kebenaran. [Syarhul 'Aqidah al-Wasithiyyah (hlm.61) oleh Khalil Hirras]
.
Jadi, Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah orang yang mempunyai sifat dan karakter mengikuti Sunnah Nabi ﷺ dan menjauhi perkara-perkara yang baru dan bid'ah dalam agama.
.
Wallahu ta'ala a'lam.
.
📚 Sumber: Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
✍️ Penulis: Al Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzhahullah ta'ala
🎨 @syarhussunnah x @salaf.ittiba
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS