Cari Dakwah

Hoax aturan baru wanita arab saudi boleh pergi tanpa izin wali

Baca Juga


~ Media Sekuler Menyambut Gembira Wanita Saudi Bebas Safar Tanpa Izin Suami atau Walinya ~

Berbagai media online dunia dalam beberapa hari terakhir, memberitakan keputusan Majelis Wizara Arab Saudi terkait bolehnya wanita berpergian keluar negeri tanpa izin suami atau orang tuanya.

Seperti biasa, media seperti CNNIndonesia, sindonews, dan yang sejenisnya, selalu bersemangat mendukung keputusan seperti ini.

Padahal, qarar no 684 tertanggal 27 Dzulqadah 1440 H tersebut, tidak hanya membahas masalah safar wanita Saudi, tetapi juga terkait catatan sipil, ketenagakerjaan dan perubahan peraturan di dalam negeri Saudi.

Tetapi, yang hanya ditulis menjadi headline hal yang menurut dugaan dan yang hanya sampai kepada mereka yang ingin menggambarkan; Saudi bukan negara Islam!

Beberapa media lokal Arab Saudi pun memberitakan serupa, mengutip sebagian yang sesuai dengan visi dan misinya, tidak memberitakan berita lainnya yang menurut mereka "tidak menjual" dan yang sejalan dengan Islam. Terlalu banyak buktinya untuk hal ini.

Lantas apakah benar peraturan baru di Arab Saudi kini mengizinkan wanita bebas berpergian tanpa mahram?

Jawabannya, tidak benar! Yang benar adalah dibolehkan wanita berpergian ke luar neger tanpa izin walinya jika memenuhi syarat dan kondisi sebagaimana yang diatur oleh Catatan Sipil Arab Saudi.

Di antara persyaratannya adalah jika wanita Saudi bersama anaknya berpergian ke luar negeri untuk bertemu suami atau anaknya berkebangsaan selain Saudi, maka dia dibolehkan safar tanpa harus izin walinya atau jika walinya meninggal dunia.

Untuk itu semua, terdata dalam Catatan Sipil pemerintah saudi, sehingga tidak benar safar bebas tanpa izin wali tanpa syarat.

Peraturan ini akan efektif berlaku di awal tahun baru 1441 H atau akhir Agustus nanti.

Teks lengkap perubahan peraturan oleh Majelis Wizara Arab Saudi no 684 tanggal 27 Dzulqadah 1440 H di sini https://www.uqn.gov.sa/articles/1564687156198737800/

Saudinesia
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS