Search

Bagaimana sikap islam terhadap wabah penyakit flu corona di China

Baca Juga :


 ...

📎 PERINTAH RASULULLAH JIKA TERJADI WABAH PENYAKIT

Wabah atau penyakit menular, sudah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad Shalallahu'Alaihi wa Sallam. Pada masa itu, wabah yang cukup dikenal adalah pes dan lepra. Nabi pun melarang umatnya untuk memasuki daerah yang terkena wabah, apakah itu pes, lepra (kusta), maupun penyakit menular lain.

Rasulullah bersabda :
"Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kelian meninggalkan tempat itu," (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Ini merupakan metode karantina yang telah diperintahkan Nabi Muhammad Shalallahu'Alaihi wa Sallam untuk mencegah wabah tersebut menjalar ke negara-negara lain. Untuk memastikan perintah tersebut dilaksanakan, Nabi Muhammad mendirikan tembok di sekitar daerah yang terjangkit wabah dan menjanjikan bahwa mereka yang bersabar dan tinggal akan mendapatkan pahala sebagai mujahid di jalan Allah, sedangkan mereka yang melarikan diri dari daerah tersebut diancam malapetaka dan kebinasaan.

Peringatan kehati-hatian pada penyakit lepra juga dikenal luas pada masa hidup Nabi Muhammad Shalallahu'Alaihi wa Sallam. Rasulullah menasihati masyarakat agar menghindari penyakit lepra.

Dari hadis Abu Hurairah, Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, "Jauhilah orang yang terkena lepra, seperti kamu menjauhi singa.”
.
#padangmengaji
Wakatunyo kito mangaji
.
❀━━━━━━❃❃❃━━━━━━❀
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments