Cari Dakwah

Jazzakallah khoiron kapan diucapkan?

Baca Juga




 ...

“Terima kasih” adalah sepenggal kata sederhana yang sarat akan makna. Menyiratkan kekuatan yang mengikat antara kedua pihak, baik yang memberi maupun yang menerima. Bagian tak terpisahkan dalam keseharian kita. Di dalam Islam, kita dianjurkan mengganti ucapan terima kasih dengan kalimat doa yang lebih tinggi maknanya, yakni “Jazakallahu khairan”.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalam Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah (5: 322) disebutkan bahwa ‘Umar bin Al Khottob radhiyallahu ‘anhu berkata, “Seandainya salah seorang di antara kalian tahu akan baiknya doa “Jazakallahu khoiran (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) tentu ia akan terus mendoakan satu dan lainnya.”
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalam Syarh Riyadhus Sholihin, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah pernah mengatakan, “Membalas jasa orang lain tergantung pada keadaannya. Bentuk balas budi kadang ada yang dengan memberi yang semisal atau lebih dari itu. Bentuk lainnya bisa pula dengan mendoakannya dan tidak suka bila dibalas dengan materi. Karena ada orang yang terpandang yang memiliki harta melimpah dan punya kedudukan yang mulia ketika ia memberi hadiah lalu dibalas dengan semisal, ia menganggap itu merendahkannya. Yang ia inginkan adalah doa, maka doakanlah ia. Terus doakan sampai yakin telah membalasnya. Di antara bentuk doanya adalah mengucapkan “Jazakallah khoiran” (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan). Karena kalau didoakan dengan kebaikan, itu sudah menjadi kebahagiaan di dunia dan akhirat”.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bermanfaat :)
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS