Cari Dakwah

Hukum memberi sedekah pada pengemis pura pura miskin

Baca Juga



Ingatlah kita hanya punya tugas menghukumi seseorang sesuai lahiriyah yang kita lihat, karena tak bisa menerawang isi hatinya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Misal, ada pengemis yang mengetuk pintu rumah kita, apakah kita memberinya sedekah ataukah tidak? Padahal nampak secara lahiriyah, dia miskin. Jawabannya, tetap diberi. Kalau pun kita keliru karena di balik itu, bisa jadi ia adalah orang yang kaya raya, tetap Allah catat niat kita untuk bersedekah. Sedangkan ia mendapatkan dosa karena memanfaatkan harta yang sebenarnya tak pantas ia terima.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Begitu pula jika ada yang menawarkan proposal pembangunan masjid. Secara lahiriyah yang tampak, kita tahu yang sodorkan proposal memang benar-benar butuh. Lalu kita berikan bantuan. Bagaimana kalau dana yang diserahkan disalah gunakan? Apakah kita tetap dapat pahala? Jawabannya, kita mendapatkan pahala sesuai niatan baik kita. Sedangkan yang menyalah gunakan, dialah yang mendapatkan dosa.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dasar dalil mengenai pembahasan di atas bisa lihat di website kami berikut:
https://rumaysho.com/12100-beri-sedekah-pada-pengemis-yang-pura-pura-miskin.html
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kami hanya nasihatkan jangan manjakan pengemis apalagi pengemis yang malas bekerja seperti yang ada di pinggiran jalan. Apalagi dengan mengamen, melantunkan nyanyian musik yang haram untuk didengar. Kebanyakan mereka malah tidak jelas agamanya, shalat juga tidak. Begitu pula sedikit yang mau perhatian pada puasa Ramadan yang wajib. Carilah orang yang saleh yang lebih berhak untuk diberi, yaitu orang miskin yang sudah berusaha bekerja namun tidak mendapatkan penghasilan yang mencukupi kebutuhan keluarganya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ingat, di sisi lain juga ada peraturan atau undang-undang larangan memberi sedekah pada pengemis di jalanan (info lengkapnya bisa googling), kan nggak lucu kalau kita ngasih uang ke mereka, malah kita yang didenda dan dipenjara.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Selain dibuatnya peraturan-peraturan tersebut untuk mengurangi bahkan meniadakan pengemis, harus juga ada inisiatif pemerintah bersama masyarakat untuk bersama-sama menciptakan banyak lapangan kerja baru agar terbuka kesempatan untuk mereka memperoleh pendapatan yang layak dan sah di mata hukum.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bermanfaat 🙂
-
Follow & Like 👉🏻 Muslim My Way
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
#rumaysho
#rumayshocom
#ustadzabduhtuasikal
#rumayshocom
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS