Cari Dakwah

Hukum mengucapkan sumpah demi alex dalam islam

Baca Juga

 





‏﷽⁣⁣⁣


SYIRIKNYA BERSUMPAH ATAS NAMA SELAIN ALLAH TA'ALA


Di dalam sumpah terkandung sikap pengagungan kepada yang namanya disebut dalam sumpah tersebut. Sedangkan pengagungan termasuk jenis ibadah yang tidak boleh ditujukan, kecuali hanya kepada Allah Azza wa Jalla.


Oleh karena itu, bersumpah adalah ibadah yang hanya boleh ditujukan kepada Allah saja dengan mengatakan demi Allah saja! Berdasarkan hal itu, maka bersumpah dengan menyebut nama selain nama Allah adalah perbuatan syirik.


Sebab dalam sumpah tersebut terkandung pengagungan kepada selain Allah, berdasarkan hadits dari Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


 مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ كَفَرَ أَوْ أَشْرَكَ 


“Barangsiapa yang bersumpah dengan menyebut selain nama Allah, maka sungguh dia telah kafir atau musyrik”


Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim, seperti yang dikutip Ibnu Katsir dalam tafsrinya (1/57). Syaikh Sulaiman berkata dalam Taisirul Aziz (hal 587): ‘Sanadnya jayyid’.


Referensi: https://almanhaj.or.id/2842-hukum-bersumpah-dengan-menyebut-nama-selain-allah.html


Yang dimaksud bersumpah dengan menyebut selain nama Allah -yang dianggap musyrik- maksudnya, mencakup segala sesuatu selain Allah, baik itu Ka’bah, rasul, langit, malaikat dan lain-lain. Misalnya, yaitu dengan mengatakan “demi Ka’bah”, atau “demi Rasulullah”, “demi Jibril”, demi cintaku kepadamu, demi langit yang luas, dan seterusnya.


Baca selengkapnya di https://almanhaj.or.id/2842-hukum-bersumpah-dengan-menyebut-nama-selain-allah.html


Follow @istiqamahreminder x @thesunnah_path untuk faedah lainnya in syaa Allah


#istiqamahreminder #reminder #nikmat #fatwa #fiqh #hukum #source #shahihfiqh #salafy #alquran #sunnah #ulama #ikhlas #ittiba #ahlul #quran

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS