Cari Dakwah

Hukum pengumuman sebelum khutbah Sholat Jum'at

Baca Juga :



 @minang_mangaji 📎 HUKUM PENGUMUMAN SEBELUM KHUTBAH JUMAT


'Ritual' yang hampir sering dilakukan oleh para pengurus masjid, atau DKM masjid ataupun sejenisnya ketika menjelang khutbah jumat (lebih tepatnya sebelum adzan jumat berkumandang) mereka melakukan pengumuman-pengumuman, mulai dari mengumumkan pemasukan uang infak jumat dihari sebelumnya atau permasalahan tentang kondisi fisik masjid.


Perlu diketahui bahwa, sebelum khatib naik mimbar kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan amalan-amalan sunnah. Seperti : memperbanyak melakukan shalat 2 rakaat sebelum khatib naik mimbar, bershalawat, ataupun membaca Al-Qur'an. 


Karna anjuran tersebut, maka seyogyanya kita menjaga suasana masjid tetap tenang sampai berakhirnya shalat jumat. Terkhusus bagi seseorang yang membaca Al-Quran. Karna banyak kita dapati, jamaah disamping kita membaca Al-Qur'an sedikit mengeluarkan suaranya sehingga mengganggu konsentrasi kita dalam membaca bacaan shalat. 


Lalu bagaimana dengan pengumuman yang dilakukan oleh pengurus masjid terkait yang dilakukan dengan pengeras suara sehingga menggangu konsentrasi jamaah didalam beribadah.


Buya Syafiq Basalamah ditanyai mengenai hal ini tentang fenomena/ritual diumumkannya kas masjid menjelang khutbah jumat. 


Beliau menjawab :


“Berkaitan pengumuman shalat jumat, sebagian ulama mengatakan bahwa tidak sepantasnya ada pengumuman sebelum shalat jumat karna itu adalah ritual yang sudah jelas khutbah jumat. Adapun pengumuman-pengumuman mungkin bisa dilakukan setelah shalat jumat atau diumumkan lewat tulisan. Kadang kala ada hal-hal yang kurang penting untuk diumumkan, lebih baik tidak diumumkan sebelum shalat jumat sehingga ritual itu bersambung antara khutbah jumat, shalat jum'at, lalu selesai. Kalau ada pengumuman maka sebaiknya disampaikan setelah shalat jumat. Itu adalah beberapa yang disampaikan oleh beberapa ulama terkait pengumuman-pengumuman yang ada.” 

Bersambung di komentar @minang_mangaji

#khutbahjumat#syafiqrizabasalamah#ustadsyafiqrizabasalamah#ustadzsyafiqrizabasalamah#manhajsalafusshalih#posterdakwah#minangmangaji#ustadzamminurbaits#dzulqarnainms#harijumat

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments