Cari Dakwah

5 tipe orang yang sulit dinasehati

Baca Juga :




Ada 5 kriteria manusia yang terbukti sangat sulit dinasihati untuk meninggalkan perbuatan maksiat kepada Allah, yakni:


1. Pelaku bid'ah.

Mereka menganggap bid'ah itu ada yg hasanah. Menganggap suatu amalan itu hanya yg penting baik, tanpa peduli ada tuntunannya atau tidak. Tanpa peduli, amalan itu diterima atau tidak. Mereka menganggap apa yg mereka amalkan adalah suatu kebaikan. Orang yg sudah merasa baik, akan sulit untuk diperbaiki.


2. Pecinta musik.

Walaupum sudah jelas dalil tentang haramnya musik, namun mereka tetap menganggap bahwa musik itu diperbolehkan karena ada yang islami dan yang penting lirik lagunya baik.


3. Perokok.

Mereka akan bersikukuh menanyakan dalil pengharaman #rokok. Bagi mereka, dalam Al-Qur'an tak pernah ada penyebutan rokok itu haram secara gamblang. Mereka menganggap rokok itu "hanya" makruh. Jikapun kita sepakati rokok itu makruh, pertanyannya adalah, bukankah kita sama-sama tahu bahwa sesuatu yg makruh adalah sesuatu yg dibenci Allah? Masih mau ngelakuin hal yg Allah benci?


4. Pemakan #riba.

Mereka berpikir "Zaman sekarang kalau ngga riba ngga bisa punya apa-apa". Rumah KPR, kendaraan leasing, belanja pakai Credit Card. Dan masih banyak lagi gaya hidup yg harus ditunjang dengan riba. Seakan hidup kaya raya padahal tagihan hutang puluhan bahkan ratusan juta. Siang malam memikirkan tagihan yg terus berbunga. Mereka anggap sepele dosa riba. Padahal dosa riba yg paling ringan saja seumpama berzina dengan ibunya sendiri.


5. Orang yang taklid buta dan ghuluw pada sessorang.


Yang jadi musibah adalah ketika anda itu adalah seorang pelaku bid'ah, pecinta musik, perokok, pemakan riba, sekaligus orang yang taklid buta dan ghuluw, maka anda akan semakin sulit dinasihati untuk meninggalkan kelima keburukan tersebut. Mari perbanyak istighfar. Semoga Allah berikan kita hidayahdan keistiqomahan setelahnya. Aamiin Allahumma Aamiin.


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments