Cari Dakwah

Inilah ciri ciri dukun yang berkedok kiyai atau ustad di masyarakat

Baca Juga :




✍️ KENALI CIRI- CIRI DUKUN YANG BERKEDOK KIYAI ATAU USTADZ DI MASYARAKAT 

.

👉 Gabung Grup WA bit.ly/ITTIBAID 

.

Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin secara umum dukun ialah orang yang mengabarkan kejadian ghaib di masa mendatang, mengklaim mengetahui keghaiban. (Al Qaulul Mufid : 2/314).


Ibnu Hajar Al Asqalani mengatakan :


والكهانة بفتح الكاف ويجوز كسرها، ادعاء علم الغيب، كالإخبار بما سيقع في الأرض، مع الاستناد إلى سبب، والأصل فيه استراق الجن السمع من كلام الملائكة، فيلقيه في أذن الكاهن. والكاهن لفظ يطلق على العراف


“Al Kahanah (perdukunan), dengan kaf di fathah atau boleh di kasrah, artinya mengklaim mengetahui ilmu gaib. seperti meramal bahwa akan terjadi suatu peristiwa di bumi dengan bersandarkan pada suatu sebab. Dan asal pengetahuan dia ini adalah dari jin yang mencuri dengan dari percakapan malaikat, kemudian jin tersebut membisikan ke telinga dukun. Dan istilah Al Kahin (dukun) ini diistilahkan pula dengan sebutan Al ‘Arraf (tukang ramal). (Al-Alfadz Al-Musthalahat Al-Muta’alliqah Bit Tauhid : 429).


Apabila kita sudah mengetahui seseorang itu sebagai dukun maka hendaknya kita menjauh dari dia dan tidak berbicara maupun berkomunikasi dengannya semampu mungkin. Karena komunikasi dengan dukun akan menyebabkan kita terjerumus ke dalam dosa syirik yang tidak diampuni oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda menjelaskan akibat berat yang akan ditanggung oleh orang yang mendatangi dukun ;


Barangsiapa mendatangi dukun lalu bertanya padanya tentang sesuatu, maka tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari”. (HR Muslim : 2230).

.

Dan ketika seseorang mendatangi dukun lantas mempercayai apa yang dikatakan oleh si dukun maka ia telah terjerumus ke dalam jurang kekufuran na’udzubillah min dzalik, nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من أتى كاهناً فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد


“Barangsiapa mendatangi dukun lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu dan ia mempercayainya, maka ia telah kufur kepada apa yang diwahyukan kepada Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam”. (Shahih Targhib Wat Tarhib : 3048).

 

.

🌎 Bimbinganislam.com

.

📷 @ittiba.id

.

#islam #hijrah #dakwah #muslim #nikah #indonesia #menikah #pasangan

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments