Search

Lakukan ini jika lupa tasyahud pertama

Baca Juga :




✍️ LAKUKAN INI JIKA KITA LUPA TASYAHHUD PERTAMA

.

👉 Gabung Grup WA bit.ly/ITTIBAID

.

Pertanyaan.

🔰Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin  ditanya : Seorang imam lupa untuk duduk tasyahhud pertama dalam shalat yang empat raka’at. Dia bangkit berdiri untuk rakaat ketiga, sehingga para makmum mengingatkannya (dengan bertasbih bagi kaum lelaki), lalu imam turun kembali untuk duduk tasyahhud setelah ia bangkit berdiri. Apa hukum shalat yang seperti ini?

.

🔰Jawaban.

Bila seorang imam atau yang lainnya lupa duduk untuk tasyahhud pertama, maka dia tidak boleh kembali duduk jika ia telah bangkit dan berdiri dengan sempurna. Ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits al-Mughîrah bin Syu’bah Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Ia harus meneruskan shalatnya (tanpa turun kembali untuk duduk tasyahhud), dan ia harus melakukan sujud sahwi sebelum salam. Karena disebutkan dalam riwayat bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat Zhuhur bersama para Sahabat Radhiyallahu anhum , lalu Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung bangkit setelah dua rakaat tanpa duduk tasyahhud terlebih dahulu. Ketika Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah (hampir) selesai shalat, saat para Sahabat menunggu salam Beliau, ternyata Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sujud sahwi dua kali, kemudian setelah itu salam.


Orang yang lupa tasyahhud pertama, bila ia (teringat-red) setelah bangkit dan berdiri dengan sempurna, maka haram baginya untuk kembali duduk, baik ia telah mulai membaca al-Fâtihah atau belum. Dan ia (harus) melakukan sujud sahwi sebelum salam. Ini berdasarkan perbuatan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Namun bila orang tersebut teringat sebelum ia bangkit (sebelum berdiri dengan sempurna-red), maka ia harus kembali untuk duduk melakukan tasyahhud awal, lalu ia lanjutkan shalatnya. Adapun bila ia meninggalkan tasyahhud akhir, maka kita katakan bahwa tasyahhud akhir adalah rukun yang harus dilakukan orang yang shalat. Seandainya, ketika ia bangkit dari sujud terakhir ia langsung salam, lupa tasyahhud akhir, maka kita katakana, “Kembalilah ke shalatmu! Bacalah tasyahhud lalu salamlah! Lalu lakukan sujud sahwi setelah salam

.

🌐 almanhaj

🎨 @ittiba.id

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments