Cari Dakwah

Aqidah asyariah tapi tidak mengikuti imam abul hasan al asyari

Baca Juga :

 


*** Asy’ariyah Bukan Pengikut Abul-Hasan Al-Asy’ari ***



Pertanya’an:


“Bukah kah di akhir hayatnya Imam Abul-Hasan Al-Asy’ari rahimahullah telah ruju’ kepada pemahaman salafush shalih dalam hal Tauhid Asma’ wa shifat...??


Lantas, apa masih tepat penisbatan “Asy’ariyah” untuk orang-orang yang suka menta’wil sebagai shifat Allah Ta’ala...??


==========


Jawaban:


Yang pertama adalah benar, Abul-Hasan Al-Asy’ari rahimahullah telah rujuk kepada pemahaman Ahlus-Sunnah sebagaimana dinukil banyak Ulama’. Dan beliau mengikuti aqidah Imam Ahmad bin Hambal. Yaitu menetapkan seluruh sifat-sifat yang telah Allah Ta’ala tetapkan untuk diri-Nya, dan yang telah ditetapkan oleh Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam didalam hadits-hadits shahih, dengan tanpa ta’wil, tanpa ta’thil, tanpa takyif dan tanpa tamtsil. Abul-Hasan Al-Asy’ari rahimahullah telah bertaubat dari pemikiran lamanya, yaitu pemikiran Mu’tazilah.


Adapun yang kedua, maka disini penghukumannya menurut keumumannya. Maksudnya, ketika disebut Asy’ariyyah/Asyaa’irah, semua orang telah tahu bahwa maksudnya adalah mereka yang menakwilkan sifat-sifat Allah Ta’ala, walau pada kenyata’anya Aqidah mereka bertentangan dengan Aqidah Abul-Hasan Al-Asy’ari.


Seperti yang sudah dimaklumi, sebenarnya madzhab Al-Asy’ariyyah yang berkembang sekarang ini, hakikatnya adalah madzhab Al Kullabiyyah.


Wallahu a’lam


Repost: @Abu Musa Al Asy'ari

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments