Cari Dakwah

Daftar amalan bidah yang berada di masyarakat

Baca Juga :

 







Berikut ini pendapat para ulama tentang bahayanya perbutan bid'ah


Imam Syafi’i rahimahullah berkata: Aku berwasiat kepadamu dengan taqwa kepada Allah, konsisten dengan Sunnah dan atsar dari Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya, tinggalkanlah bid'ah dan hawa nafsu. Bertaqwalah kepada Allah sejauh yang engkau mampu. (Al-Amru bil Ittiba’, As-Suyuthi, hal. 152-154)


Imam Malik rahimahullah berkata: Barangsiapa membuat perkara baru dalam agama Islam dan menganggapnya baik, maka ia telah menuduh Rasulullah ﷺ berkhianat dalam menyampaikan Risalah. (Al I’tisham)


Imam Ahmad rahimahullah berkata: Prinsip Ahlus Sunnah adalah berpegang dengan apa yang dilaksanakan oleh para sahabat radhiyallahu 'anhum dan mengikuti jejak mereka, meninggalkan bid’ah dan karena setiap bid’ah adalah sesat. (Syarah Ushuul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jamaa‘ah oleh al-Lalika-i (I/176, no. 317)


Sufyan Ats Tsauri (tabi'in) rahimahullah berkata: Bid'ah itu lebih di cintai iblis dari pada maksiat, karena pelaku maksiat masih mungkin untuk bertaubat, sedangkan pelaku bid’ah sulit untuk bertaubat dari bid'ahnya. (Syarah Ushuul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jama’ah)


Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma (sahabat nabi) berkata: Setiap bid’ah adalah sesat, walaupun manusia menganggapnya baik. (Al-Laalikai dalam Syarh Ushulil-I’tiqad dan Al Ibanah Al Kubro li Ibnu Baththoh, 1/219, Asy Syamilah)


Dalil Bahayanya Bid'ah


Rasulullah ﷺ bersabda, artinya: Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad ﷺ. Seburuk-buruk perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap yang diada-adakan adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat. (HR. Muslim no. 867)


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments