Cari Dakwah

4 nenek moyang kelompok sesat

Baca Juga :

 


_

__


4 NENEK MOYANG KELOMPOK SESAT


Abdullah bin Al-Mubarak (ulama tabi'in yang wafat tahun 181 H) rahimahullahu berkata: 


- Nenek moyang dari 72 kelompok sesat, ada empat kelompok. Dari empat kelompok inilah muncul 72 kelompok sesat. Empat kelompok tersebut adalah kelompok Qadariyah, Murjiah, Syiah (Rafidhah) dan Khawarij.


- Barangsiapa yang mengutamakan Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali Radhiyallahu 'anhum atas semua para sahabat Rasulullah ﷺ dan tidak mencela seorang pun dari mereka serta mendoakan mereka dengan kebaikan, maka dia telah keluar dari ajaran kelompok Syiah (Rafidhah) dari awal hingga akhir.


- Barangsiapa yang mengatakan iman adalah ucapan dan perbuatan, bisa bertambah dan berkurang, maka dia telah keluar dari semua ajaran kelompok Murjiah dari awal hingga akhir.


- Barangsiapa yang mengatakan (disyariatkan/dibolehkan) shalat di belakang pemimpin kaum muslimin yang baik maupun yang fajir, berjihad bersamanya dan tidak mengkudetanya dengan senjata (atau dengan lisan/tulisan) serta mendoakan mereka dengan kebaikan, maka dia telah keluar dari ajaran kelompok Khawarij dari awal hingga akhir. 


- Barangsiapa yang mengatakan bahwa semua takdir ini dari Allah 'azza wa jalla, yang baik maupun yang jelek, Dia lah yang menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki, maka dia telah keluar dari ajaran kelompok Qadariyah dari awal hingga akhir dan dia termasuk Ahlussunnah.


(Syarhu As-Sunnah poin 161 hal. 122-123 oleh Imam Al-Barbahari rahimahullahu)

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments