Search

Belajarlah aqidah dan manhaj agar bisa membedakan

Baca Juga :

 



__


Menuntut ilmu agama merupakan cara dan langkah yang tepat dalam mencapai cita-cita bahagia dunia akhirat. Oleh karena itu, apabila kita bercita-cita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, hendaklah kita mempelajari agama Islam ini dengan benar.


Salah satu ilmu yang harus kita ketahui adalah akidah yang benar. Ilmu tentang keyakinan atau kepercayaan yang harus dipegang kuat-kuat oleh setiap muslim. Keyakinan-keyakinan inilah yang akan membuat iman seseorang menjadi kuat laksana gunung yang kokoh.


Dan juga penting bagi kita untuk mempelajari manhaj terutama pada zaman sekarang, dibandingkan membaca dan mengumpulkan hadits, namun tidak mengetahui bagaimana cara memahaminya dengan benar sesuai dengan pemahanan salaf, apalagi difahami menurut hawa nafsu dan kepentingan kita sendiri dan akhirnya banyak ahlul bid’ah yang juga memiliki riwayat hadits atau memakai hadits yang kemudian diselewengkan sesuai dengan hawa nafsunya agar mendukung kebid’ahannya dan menyelisihi manhaj Salaf.


Imam Al Barbahari rahimahullah berkata: “Ketahuilah, sesungguhnya llmu bukanlah semata-mata dengan memperbanyak riwayat dan kitab. Sesungguhnya orang yang berilmu adalah yang mengikuti ilmu dan Sunnah, meskipun ilmu dan kitabnya sedikit. Dan barangsiapa yang menyelisihi al-Kitab dan as-Sunnah, maka dia adalah penganut bid’ah, meskipun ilmu dan kitabnya banyak.” (Lihat Da’a’im Minhaj Nubuwwah, hal. 163)


Imam adz-Dzahabi rahimahullah juga berkata: “Sesungguhnya ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Akan tetapi ia adalah cahaya yang Allah berikan ke dalam hati. Syaratnya adalah ittiba’ mengikuti tuntunan dan meninggalkan hawa nafsu dan membuat-buat bid’ah”. (Lihat Ma’alim fi Thariq Thalab al-‘llmi, hal. 40)


Pada akhirnya ketika datang masa fitnah, maka akan terlihat beda sikap antara orang yang memahami manhaj dan aqidah dengan orang yang hanya sekedar mengumpulkan syubhat. Allahu Musta'an.


Source: Berbagaisumber


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Web: http://dakwahmanhajsalaf.com

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments