Cari Dakwah

Cara memilih istri shalihah

Baca Juga :

 



__


CARA MEMILIH ISTRI YANG SHALIHAH


Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata :

Bertanya kepada orang-orang yang memiliki ilmu dan amanah tentang wanita tersebut dan tentang keluarganya, sampai jelas bagi orang yang melamar bahwasanya ia adalah wanita yang memiliki agama yang baik.


Hal ini berdasarkan sabda Nabi ﷺَ :


Seorang wanita dinikahi karena empat perkara, yaitu karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka, pilihlah wanita yang memiliki agama, berdebu tanganmu (bila tidak seperti itu, ed.)*. (Disepakati keshahihannya)


Sabda Nabi ﷺَ :


Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah. (HR. Muslim)


Sabda Nabi ﷺَ :


Seseorang tergantung dengan agama teman dekatnya, maka hendaknya seseorang meneliti siapa yang ia jadikan teman dekat. (HR. Ahmad)


Sabda Nabi ﷺَ :


Sesungguhnya perumpamaan teman duduk yang baik dan teman duduk yang buruk adalah seperti pembawa minyak wangi dan tukang tiup angin bagi pandai besi. Seorang pembawa minyak wangi terkadang memberimu minyak wangi, atau terkadang kamu membeli darinya, atau kamu dapat mencium semerbak harumnya. Sementara tukang tiup bagi pandai besi bisa jadi ia membakar pakaianmu atau kamu akan mendapat darinya bau yang tidak sedap. (Muttafaq 'alaih)


Allah pemberi taufiq ...


Majmu' (20/404)


*Catatan kaki :

Ungkapan orang Arab yang artinya "sengsara kamu", dan maksudnya adalah dorongan untuk mengerjakan yang diarahkan kepadanya. (-ed)

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments