Cari Dakwah

Hukum bersalaman setelah sholat bidah

Baca Juga :


 


__


Hukum asal berjabat tangan adalah sunnah tanpa diragukan lagi. Hukum sunnah ini dilakukan saat kita baru bertemu/berjumpa dengan seseorang, atau saat kita hendak berpisah dengannya.


Dalilnya diantaranya Rasulullah bersabda: "Tidaklah dua orang muslim bertemu, lalu mereka bersalaman melainkan Allah ampuni mereka berdua sebelum mereka berpisah". HR. Abu Daud 5212, Tirmidzi 2727


Hadits ini menunjukkan disukainya kita berjabat tangan saat awal kita berjumpa dengan seorang muslim.


Andai kita masuk ke masjid, lalu kita menjabat tangan orang yang di situ baru saja kita temui, maka itu adalah sunnah, atau kita menjabatnya lagi saat misal kita akan pulang duluan, maka itu pun sunnah. Namun, saat setelah selesai salam dari shalat langsung kita menyengaja berjabat tangan dan menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan, maka ini adalah bid'ah. Dan tidak boleh kita menganggap boleh atau meyunnahkannya hanya karena beralasan dengan keumuman atau kemuthlakkan hadits keutamaan berjabat tangan diatas.


Ibnul Hajj Al-Maliki rahimahullah berkata: "Bersalaman ini termasuk bid'ah yang semestinya dilarang di masjid-masjid, karena tempat bersalaman menurut syariat adalah hanyalah saat bertemunya seorang muslim dengan saudaranya, bukan pada saat selesai dari shalat lima waktu. Ketika agama ini mengajarkan kita demikian, maka hendaklah kita cukup mengikutinya saja. Dan yang demikian itu harus dicegah dan bahkan pelakunya semestinya di tegur secara keras, karena ia telah mendatangkan sesuatu yang menyelisihi sunnah". (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah 37/363)


Ibnu Taimiyyah Al-Hanbali rahimahullah berkata: "Bersalaman sesudah shalat tidak disunnahkan, bahkan itu adalah bid’ah. Wallahu A’lam". (Majmu’ Fatawa 23/339)


Syaikh Bin Baaz rahimahullah berkata: "Bersalam-salaman setelah bersalamnya imam (dari shalatanya), maka itu tidak memiliki sumber hukum". (Majmu’ Fatawa Syaikh bin Baaz 29/313)


✍🏻 Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2020/09/hukum-bersalam-salaman-setelah-shalat.html


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: wa.me/62895383230460

Web: dakwahmanhajsalaf.com

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments