Search

Hukum doa khusus khatam Alquran bidah

Baca Juga :



__


••

Meninjau Do'a Khusus Khatam Al-Qur'an

-----------

Ada do'a yang populer di tengah masyarakat yang disebutkan di kitab-kitab Ulumul Qur`an dan dikenal di Indonesia sebagai senandung al-Qur`an.


Lafazhnya sebagai berikut:


اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ


Do'a ini diriwayatkan oleh Abu Manshur al-Arjani dalam kitab Fadha’il al-Qur`an bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam membacanya saat mengkhatamkan al-Qur`an.


Dalam sanad riwayat ini terdapat Dawud bin Qays al-Farra`, seorang tabi’u tabi’in yang meriwayatkan dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im dan Ibrahim bin Abdullah bin Hunain.


Al-Hafizh al-‘Iraqi menjelaskan bahwa hadits ini mu’dhal. Yakni pada sanadnya ada dua rawi yang jatuh (terputus) secara berurutan.


Seorang Tabi'ut Tabi'in berkata: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda", sementara ia tidak mungkin mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: sehingga ia menghilangkan 2 orang atau lebih dari rantai sanad yaitu Tabi'in dan Sahabat.


📚 "Takhrijul Ihyaa” (2/694)


Allahu A'lam

---------

follow @hadits_lemah⠀

follow @hadits_lemah⠀

----------

follow @Hadits_Shahihh

follow @Hadits_Shahihh

----------⠀

Ikuti Kami:

📌 Instagram

●https://www.instagram.com/hadits_lemah

📌 Facebook

●https://www.facebook.com/MediaHaditsLemah

#SyeikhUtsmanAlKhamis #HaditsDhaifJiddan #HaditsSangatLemah #HaditsLemah #IlmuHadits #KajianHadits #SyarahHadits #Sunnah #Muslim #Muslimah #PekanbaruMengaji #MakasarMengaji #JakartaMengaji #AcehMengaji #MedanMengaji #BaliMengaji #Hijrah #1443H #2021 #IndonesiaBertauhid #Tauhid #StopAmalkanHaditsPalsu

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments