Cari Dakwah

Hukum mahar mahal atau memberatkan calon suami dalam islam

Baca Juga :

 



__


Reposted from @ikhwan.daily 📌 "PUSING 7 KELILING KENA UANG PANAI CEUNAH"~

.

“Termasuk berkahnya seorang wanita, yang mudah khitbahnya (melamarnya), yang mudah maharnya, dan yang mudah memiliki keturunan.” (HR. Ahmad, 6/77)

.

Mudahnya mahar memiliki manfaat yang begitu besar:

⁃ Mengikuti sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

⁃ Memudahkan para pemuda untuk menikah.

⁃ Mudahnya mahar yang akan menyebabkan cinta dan langgengnya kasih sayang.

.

Sebelum memulai pernikahan, sebagian laki-laki mempertimbangkan bagaimana pernikahan yang diimpikan oleh calon istrinya nanti. Memang benar bahwa seorang wanita memiliki hak dalam menentukan mahar, namun sebaik-baik wanita adalah yang memudahkan mahar. Ingat, "mudah" bukan berarti "murah."

.

Betapa banyak wanita yang sebelum dilamar sudah menuntut ingin pernikahan yang mewah, sudah membicarakan perihal WO, catering, gedung, MUA yang akan dipakai, jumlah tamu undangan yang berjumlah 1000-2000 orang. Sedangkan sang calon suami berasal dari keluarga yang terbiasa sederhana, bukan karena laki-laki tersebut tidak mampu tapi ini tentang "prioritas."

.

Tujuannya sebenarnya simple, yaitu untuk mencukupi keperluan rumah tangga setelah pernikahan. Bukan pernikahan yang terlalu berlebihan hingga menghabiskan banyak dana namun meninggalkan banyak HUTANG setelah acara resepsi digelar.

.

Sebagian akhirnya mendapatkan seorang istri yang satu visi dan misi dengannya. Inilah indahnya apabila suami istri paham akan ilmu sebelum pernikahan.

.

__

.

⚙️ Instagram: @ikhwan.daily

👥 Partner: @akhwat.dailyy @sunnah.muslimah

🚀 Telegram: t.me/ikhwan_daily

📸 #komunitasmengajipengelolakeuangan

📝 @sunnah.muslimah

.

#ikhwandaily #1minutebooster #oneminutebooster #salingsapa #manhajsalaf #dakwahtauhid #salaf #kajiansunnah #ustadzfarhanabufuraihan #ustadzfirandaandirja #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzabdulsomad #ustadzadihidayat #ustadzkhalidbasalamah #ustadzbadrusalam #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #ustadzmuhammadnuzuldzikri #indonesiabertauhid #ustadzerwanditarmizi #ustadzahmadzainuddinalbanjary #ustadzmaududiabdullah #ustadzsubhanbawazier #shift #beraniberhijrah #pemudahijrah #indovidgram #kajiansalaf #kajiansunnah #dakwahvidgram #aswaja

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments