Cari Dakwah

Hukum memaksa orang sakit untuk makan dalam islam

Baca Juga :

 



__


Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم :”la tukrihu mardhakuma ‘

'alath tha’am wasy syarab”(janganlah kalian memaksa orang yang sedang sakit diantara kalian untuk makan dan minum)bukan bermakna jangan memberi makan kepada orang sakit melainkan jangan memaksa orang yang sakit untuk makan,tetapi biarlah orang yang sakit memakan makanan yang dia sukai.


Kadang orang menyangka bahwa orang yang sakit harus makan dan kemudian memaksanya makan untuk menguatkan kesehatan tetapi tidak seperti itu kenyataannya. Memaksa orang sakit untuk makan untuk makan membuatnya tidak bisa mengambil manfaat dari makan tersebut, selain itu menyebabkan si sakit sulit mencerna makanan.


Hal ini justru yang menbuat kondisinya semakin bertambah buruk dan kritis.


Cara penanganan yang tepat adalah memberinya proporsi yang bisa di cerna. Proporsi makanan di sini berkaitan erat dengan kadar efektivitas alat pencernaan untuk bekerja.


Proporsi ini juga hendaknya sesuai selera si sakit. Jenis makanannya harus yang mudah dicerna dan diserap.


Ibnu Qayyim berkata dalam Zaadul Ma'aad (IV/90), "Beberapa dokter ahli berkata, 'Sungguh banyak sekali faedah dalam sabda Nabi صلى الله عليه وسلم . ini yang mengandung hikmah-hikmah. Hal ini dapat dirasakan terutama oleh para ahli medis dan orang yang mengobati para pasien.


🌐 salamdakwah.com


👉 Simak postingan lainnya di @sabilussalaf

✔️ Jangan lupa aktifkan notifikasi postingan

🔄 Share untuk dapatkan pahala

📍 Jangan lupa Like 👍 Comment 💬 Dan 👥 Tag Teman kamu 

Semoga bermanfaat, baarakallahu fiikum.


♻ Free Save & Share Tak Perlu Izin ✅

♻ Free Save & Share Tak Perlu Izin ✅


Ikuti akun media sosial resmi sabilus salaf

📸 Instagram: @sabilussalaf

💾 Telegram: https:t.me/sabilussalaf


#sabilussalaf #hilmanalfiqhy#maknasalaf #naseehamuslimah #manhajsalaf #dakwahtauhid #salaf #kajiansunnah #ustadzfarhanabufuraihan #ustadzfirandaandirja #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzabdulsomad #ustadzadihidayat #ustadzkhalidbasalamah #ustadzbadrusalam #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #ustadzmuhammadnuzuldzikri #indonesiabertauhid #ustadzerwanditarmizi #ustadzahmadzainuddinalbanjary #ustadzmaududiabdullah #ustadzsubhanbawazier #shift #beraniberhijrah #pemudahijrah #

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments