Cari Dakwah

Sifat sifat yang Allah benci

Baca Juga :

 



__


BETAPA MURKANYA ALLAH DENGAN SIFAT-SIFAT INI

Dari Al-Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan pada kalian durhaka kepada ibu, mengubur anak perempuan hidup-hidup, menahan dan menuntut, dan dia tidak suka kalian banyak bicara, banyak bertanya, dan menghambur-hamburkan harta.” (HR. Bukhari, no. 5975)


Faedah Hadits :

1. Diharamkan hal-hal yang disebutkan dalam hadits: durhaka pada ibu, mengubur anak perempuan hidup-hidup, menahan dan menuntut (man’at wa haat), banyak bicara (qiila wa qaal), banyak bertanya, dan menghambur-hamburkan harta.


2. Yang dimaksud ‘uquq atau durhaka pada orang tua adalah membangkang dan meninggalkan berbuat baik kepada keduanya. Standar ‘uquq atau durhaka adalah seorang anak menyakiti orang tua dengan perkataan atau perbuatannya. Demikian disebutkan dalam Minhah Al-‘Allam fii Syarh Bulugh Al-Maramkarya Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan, 10:93.


3. Orang di masa jahiliyyah biasa mengubur anak perempuan hidup-hidup karena tidak suka dengan lahirnya anak perempuan dibanding dengan laki-laki.


4. Man’an wa haat yang dimaksud adalah menghalangi orang lain dapat kemanfaatan, juga menuntut yang bukan haknya dari harta atau kemanfaatan. Bentuk man’an di sini adalah menghalangi orang untuk mendapatkan haknya. Bentuk lainnya adalah menunda melunasi utang. Sedangkan bentuk haat adalah merampas harta orang lain yang bukan haknya.


5. Qiila wa qaal yang dimaksud adalah banyak bicara yang tidak manfaat. Juga termasuk di dalamnya adalah menceburkan diri dalam membicarakan berita-berita yang tidak jelas. Di dalamnya juga menukil perkataan orang lain tanpa tatsabbut (kroscek) terlebih dahulu. Para ulama katakan bahwa qiila wa qaal hanya digunakan untuk konteks yang jelek.


6. Katsratus suu-al maksudnya adalah (1) banyak meminta harta dalam hal mubah, (2) banyak bertanya yang tidak dibutuhkan ilmunya.


SUMBER : Rumaysho.com

@rumayshocom 

@rumayshotv 


#allah #muhammad #islam #muslim #muslimah #mukmin #alquran #hadits #sunnah #taubat #tauhid #hijrah

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments