Cari Dakwah

Apa perbedaan zakat dan pajak

Baca Juga :

 



__


Perbedaan zakat dengan pajak jelas sekali. 


PERTAMA : Zakat yang mewajibkan adalah Allah dan RasulNya, sedangkan pajak yang mewajibkan adalah manusia atau pemerintah setempat.


KEDUA: Zakat diambil dari harta tertentu, yang disini diperhatikan sisi-sisi keadilan karena agama ini adalah rahmat untuk seluruh manusia, tidak dari semua harta diambil, melainkan ada batasan tertentu dan persentase tertentu yang tidak akan menyebabkan si pemberi zakat menjadi fakir miskin.  Berbeda dengan pajak, karena yang menerapkan adalah manusia dan manusia ilmunya terbatas.  Menurutnya sudah adil, tapi pada hakikatnya banyak yang tidak adil dari penetapan pajak tersebut.  Sedangkan zakat, Allah yang menerapkan.  Allah yang menciptakan makhluk, maka Allah yang lebih tahu kemaslahatan makhluk tersebut.  


KETIGA: dari sisi distribusinya kepada siapa zakat diberikan berbeda dengan pajak. Kesimpulannya bahwa pajak tidak ada pada awal masa2 keislaman, pada saat Umar menjadi khalifah dia mengutus Mu’az untuk menarik zakat dari negri tertentu, dan Mu’az mengirim 1/3 hasil zakat kepada Umar di Madinah. Maka Umar berkata,


“Aku tidak mengutusmu sebagai penarik upeti dan sebagai penarik pajak, Tetapi aku mengutusmu untuk mengambil dari yang kaya dan menyalurkannya kepada yang miskin di negri tersebut”. (Atsar ini diriwayatkan oleh Abu Ubaid dalam bukunya “Al Amwal”).


Masalah yang penting tidak bisa kita dengan membayar pajak kemudian kita mengurangi zakat, artinya saya kan sudah membayar pajak kenapa saya harus membayar zakat lagi? 


Tidak bisa, tetapi yang bisa, sekarang yang ada- bahwa bila telah membayar zakat bisa mengurangi membayar pajak sebagaimana yang telah diterapkan di negara-negara islam.


Source : Ustadz Dr Erwandi Tarmizi MA


 Follow us @taubat_riba 


#pajakbeacukai #hukumpajakdalamislam #pajakpph #pegawaipajak #pajak

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments