Cari Dakwah

Apakah nur nabi Muhammad makhluk pertama? Sebuah sanggahan

Baca Juga :

 



Bismillah..


❎ SANGGAHAN TERHADAP SUFI YANG BERKEYAKINAN NUR MUHAMMAD ADALAH MAKHLUK PERTAMA YANG DICIPTAKAN ❎


Oleh : Abdullah Ibnu Muhammad..


Kami, Ahlussunah berkeyakinan bahwa makhluk pertama yang Allah ciptakan adalah Al-Qalam (pena), ini sebagaimana hadist :


إِنَّ أَوَّلَ شَيْءٍ خَلَقَهُ اللهُ تَعَالٰى الْقَلَمُ وَأَمَرَهُ أَنْ يَكْتُبَ كُلُّ شَيْءٍ يَكُوْنُ.


“Sesungguhnya yang pertama kali Allah ciptakan adalah Al-Qalam (pena). Dan Dia memerintahkan untuk menulis tiap-tiap sesuatu yang ada.” (HR. At Tirmidzi No. 3319, katanya:hasan shahih. Abu Daud No. 4700, Ahmad No. 22705. Syaikh Syuaib Al Arnauth mengatakan: shahih. Lihat Taliq Musnad Ahmad No. 22705)


Adapun keyakinan bahwa makhluk pertama yang diciptakan Allah adalah Nur Muhammad ini terdapat dalam kitab hadist Syi'ah yang berjudul kitab Bihar Al-Anwar karya Muhammad bin Bagir Al Majlisi Bab 3 hal 9.. Pendapat ini dianut oleh golongan sufi. Dalilnya, dari Jabir Radhiallahu Anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pertama kali yang diciptakan adalah Nur Nabimu wahai Jabir!” (HR. Abdurazzaq, lihat Al Ajluni dalam Kasyful Khafa, 1/302). Bahkan golongan ini meyakini bahwa Nur Muhammad diciptakan sebelum Lauh Mahfuzh, Qalam, surga, neraka, malaikat, langit, bumi, matahari, bulan, jin dan manusia. (Ibid). Namun pendapat ini ditentang secara keras, dan dituding sebagai pendapat yang menyimpang, karena dasarnya adalah riwayat yang palsu. Berikut ini keterangannya :

Hadis ini palsu dan dusta, tidak ada nilainya. Kami mendengar orang-orang sekarang mengatakan: Wahai makhluk Allah yang pertama! Wahai cahaya Arsynya Allah! Maka, apa bedanya perkataan ini dengan perkataan orang Nasrani: “Isa adalah anak Allah?” Ini sesat yang itu juga sesat. (Syaikh Hasan Abul Asybal Az Zuhri Al Mishri, Syarh Shahih Muslim, 13/97). Sementara Syaikh Al Albani menyebut ini sebagai min abthalil baathil (di antara kebatilan yang paling batil). (Mausuah Al Albani fil Aqidah, 3/816)..


Allahu Yahdikum..

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner