Cari Dakwah

Beribadah dengan niat baik saja tidak cukup

Baca Juga :

 




__


Ahlul bid'ah atau pelaku bid'ah biasanya beralasan dengan menganggap tidak apa-apa bid'ahnya, karena satu alasan utama, "Niatnya baik dan ikhlas".


Dalam Islam penentu diterimanya amalan bukan hanya karena niatnya baik, tetapi juga harus mengikuti contoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Shahabatnya radhilallahu ‘anhum. Barangsiapa amalannya sesuai dengan sunnah tetapi dia tidak ikhlas, maka ini akan sia-sia. Sebab ini bertentangan dengan konsep syahadat tauhid "Laa Ilaaha Illallaah" yang salah satu makna dan konsekuensi dari syahadat tauhid tersebut adalah tidak beribadah kecuali hanya dan semata-mata karena Allah.


Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya. QS. Al Kahfi: 110


Ayat di atas jelas menunjukkan persyaratan terpenting diterimanya amal shalih adalah hanya semata-mata karena dan untuk Allah. Ini bagian dari konsekuesni syahadat tauhid "Laa Ilaaha Illallaah". Tapi tidak cukup di situ, syarat diterimanya amal ibadah lainnya yang tidak kalah penting adalah barangsiapa yang ibadahnya seikhlas apapun karena Allah dan dengan niat baik atau sebaik apapun, namun tidak mengikuti contoh dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, maka amalannya tertolak dan jadilah amalan itu amalan bid'ah yang di tolak Allah.


Ini sebagai konsekuensi dari makna tauhid Muhammad Rasulullah yang salah satu makna dan konsekuensi dari ucapan syahadat Rasul itu adalah tidak melakukan suatu ibadah apapun kecuali yang dicontohkan dan datang dari beliau shallallahu 'alaihi wa sallam.


Hal ini sejalan apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan sendiri: Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang bukan dari ajaran kami, maka dia tertolak. HR. Muslim no.1718


✍🏻 Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2020/08/beribadah-dengan-niat-baik-saja-tidak-cukup.html


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: wa.me/6289665842579

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner