Cari Dakwah

Hukum berdoa di kuburan orang sholeh

Baca Juga :

 




__


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa doa merupakan salah satu ibadah yang amat agung dalam agama kita. Allah telah memotivasi umat muslim untuk memohon pada-Nya dan berjanji untuk mengabulkan permohonan mereka. Sementara di lain sisi, Allah telah mensyariatkan berbagai adab dalam berdoa, di antaranya menentukan tempat dan waktu pilihan yang lebih mustajab.


Namun, setan berusaha menyesatkan para hamba dengan mengiming-imingi mereka tempat dan waktu yang diklaim mustajab, padahal tak ada petunjuk agama tentangnya. Tidak sedikit manusia yang terjerat ranjau tersebut. Sehingga mereka lebih memilih berdoa di kuburan dan tempat-tempat keramat, dibanding berdoa di masjid. Lebih parah lagi, ada yang begitu khusyuk mengibai dan memohon kepada sahibul kubur! Alih-alih mendoakan si mayit, malah berdoa kepadanya. Padahal mestinya peziarah mendoakan si mayit, bukan malah memohon kepada si mayit.


Tidak ada dalil dari Alquran maupun hadis sahih yang menunjukkan bahwa kuburan merupakan tempat favorit untuk berdoa. Ditambah dengan begitu banyaknya kitab yang ditulis para ulama guna menjelaskan adab berdoa, tidak ada satu pun di antara Salafush shalih dan ulama mu’tabar yang mengatakan disyariatkannya berdoa di kuburan. Ini menunjukkan bahwa praktik tersebut adalah amalan yang bukan tuntunan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.


Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.

-


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments