Cari Dakwah

Hukum sholat rebo wekasan bidah syirik

Baca Juga :


 


__


Mereka yang perhatian dengan rebo wekasan berkeyakinan bahwa setiap tahun akan turun 320.000 balak, musibah, atau bencana, dan itu akan terjadi pada hari Rabu terakhir bulan Safar.


Karena keyakinan ini, sebagian orang menghimbau untuk melakukan bentuk ibadah khusus pada hari itu. Terutama orang syiah. Di berbagai forum online, mereka sangat antusias membicarakan rebo wekasan ini. Tidak lupa mereka sebutkan sederet amalan sebagai upaya tolak balak, yang sama sekali tidak pernah dicontohkan dalam islam.


✍🏻 Ustadz Ammi Nur Bait حفظه الله

------------

Rebo wekasan diambil dari bahasa jawa. Rebo artinya hari rabu dan wekasan artinya terakhir. Adapun yang dimaksud di sini adalah acara ritual yang biasa dilakukan sebagian masyarakat pada hari rabu akhir bulan shafar, karena menurut persepsi mereka saat itu adalah saat petaka.


Acaranya adalah shalat empat rakaat, setiap rakaat membaca surat al-Fatihah 1x, surat al-Kautsar 17x, surat al-Ikhlas 15x, surat al-Falaq dan an-Nas 2x, kemudian membaca doa bikinan mereka yang berisi kesyirikan dan kesesatan. Demikian juga mereka berkumpul-kumpul di masjid menunggu rajah-rajah bikinan kyai mereka lalu menaruhnya di gelas dan meminumnya. Tidak hanya di situ, mereka juga mengadakan perayaan makan-makan lalu berjalan di rumput-rumput dengan keyakinan agar sembuh dari segala penyakit. Allahu musta'an.


Tidak ragu lagi bahwa semua itu termasuk ritual jahiliyyah yang merusak disebabkan kejahilan terhadap agama, lemahnya tauhid, suburnya ahli bid’ah dan penyesat umat serta minimnya para penyeru tauhid. (Lihat Tahdzirul Muslimin ‘anil Ibtida’ fi ad-Din, Ibnu Hajar Alu Abu Thomi, hlm. 281, Ishlahul Masajid al-Qosimi hlm. 116, al-Bida’ al-Hauliyyah at-Tuwaijiri hlm.126-132)


✍🏻 Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi حفظه الله

------------

Rasulullah bersabda: Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak. HR. Muslim no. 1718


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: wa.me/6289665842579

Web: dakwahmanhajsalaf.com

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments