Cari Dakwah

Roh orang mati tidak bisa gentayangan

Baca Juga :

 


__


Menetapkan kembalinya orang yang telah mati bisa bebas berkeliaran dan bergentayang kembali di muka bumi ini baik dalam apa yang diistilahkan sebagai pocong, zombie, drakula dan sebagainya jelas merusak aqidah, bahkan bisa menyebabkan murtad.


Keyakinan orang yang telah mati lalu bisa kembali bergentanyangan di muka bumi ini disebut sebagai roj'ah. Kebatilan aqidah roj'ah ini jelas banyak disebut dalam Al-Qur’an, salah satunya:


حَتّٰۤى اِذَا جَآءَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَا لَ رَبِّ ارْجِعُوْنِ ۙ لَعَلِّيْۤ اَعْمَلُ صَا لِحًـا فِيْمَا تَرَكْتُ ۗ كَلَّا  ۗ اِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَا ۗ وَمِنْ وَّرَآئِهِمْ بَرْزَخٌ اِلٰى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ


"Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh (pembatas) sampai hari mereka dibangkitkan". (QS. Al-Mu'minun: 99-100)


Ayat di atas memustahilkan mereka yang telah sekarat dan mati untuk bisa kembali ke alam dunia. Bahkan Allah menyebut pada ayat di atas bagi mereka yang telah mati ada dinding pembatas dua alam berbeda yang tidak bisa di tembus sampai nanti setelah hari berbangkit. Dinding pembatas ini dikenal dengan barzakh.


Dengan dasar ayat di atas, maka seorang Ulama besar Madzhab Syafi’i, yakni Abul Hasan Muhammad bin Ahmad Al-Malthiy Asy-Syafi'i raimahullah mengatakan: "Demikian pula tentang keyakinan mereka dalam masalah roj'ah itu telah didustakan oleh firman Allah Tabaroka wa Ta'ala: "Dan dihadapan mereka ada barzakh (pembatas) sampai hari mereka dibangkitkan". (QS. Al-Mu'minun: 100)


Allah mengabarkan bahwa para penghuni kubur tidak akan dibangkitkan (dari kuburnya) sampai hari kebangkitan. Jadi, barangsiapa yang menyelisihi hukum Al-Qur'an ini, maka sungguh dia telah kafir". At-Tanbih wa Ar-Radd hal.19, karya Al-Malthiy


✍🏻 Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2020/10/adakah-arwah-gentayangan.html


Isntagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA; wa.me/6289665842579

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner