Cari Dakwah

6 amalan untuk menjadi pewaris surga firdaus

Baca Juga :

 



6 AMALAN UNTUK MENJADI PEWARIS SURGA FIRDAUS 


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda ;

"Sesungguhnya di surga itu ada 100 tingkatan yang telah Allah janjikan bagi para mujahid di jalan Allah. Jarak antara dua tingkatan adalah bagaikan jarak antara langit dan bumi. Jika kalian ingin meminta pada Allah, mintalah surga Firdaus. Surga Firdaus adalah surga yang paling utama dan paling tinggi, di atasnya adalah ‘Arsy Ar-Rahman, darinya pula mengalir sungai surga.” (HR. Bukhari, no. 7423)


Berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta'ala dalam Alqur'an Surat Al Mu'minun ayat 1-11, ada 6 amalan untuk menjadi penghuni/pewaris Surga Firdaus yang diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman, yaitu :


1. Khusyu’ dalam shalat. Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan dalam halaman yang sama bahwa khusyu’ itu bisa digapai jika hati kita tidak memikirkan hal-hal di luar shalat, dan mementingkan shalat saja daripada berbagai perkara di luar shalat.


2. Meninggalkan hal yang sia-sia. Syaikh As-Sa’di menyatakan bahwa jika dari yang sia-sia saja dijauhi, maka yang haram lebih pantas dijauhi. Lihat Tafsir As-Sa’di, hlm. 576.


3. Menunaikan zakat. Yang dimaksud di sini adalah menunaikan zakat maal, yaitu zakat dari harta jika memang sudah terpenuhi syarat nishab dan syarat haul (bertahan selama satu tahun).


4. Menjaga kemaluan kecuali pada istri sebagai pasangan yang halal. Menjaga kemaluan bentuknya adalah tidak berzina (berselingkuh), tidak melalukan liwath (homoseks), tidak melakukan perantara menuju zina, termasuk pula tidak melakukan onani.


5. Memegang amanat dan janji karena sifat orang munafik itu jika diberi amanat ia khianat, jika berjanji, ia mengingkar.


6. Menjaga shalat yang lima waktu sehari semalam.


Semoga Allah selalu menjaga kita dan keluarga, memberi kita taufik, memudahkan kita beramal sholeh dan menjauhkan kita dari semua maksiat dan perbuatan dosa serta menjadikan kita istiqomah dalam ketaatan di jalan yang diridhoiNya dan senantiasa mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.


Semoga Allah melindungi kita dari siksa kubur dan siksa neraka serta memasukkan kita ke dalam surga FirdausNya dan menjadikan kita termasuk hamba-hambaNya yang sholeh/sholehah dan dekat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di yaumul akhir nanti.


Aamiin...Allahumma aamiin...

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments