Search

Ciri ciri wanita sholeha menurut Al-Qur'an dan Sunnah

Baca Juga :

 



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم


CIRI-CIRI WANITA SHOLEHA MENURUT AL QUR'AN DAN HADIST


https://www.facebook.com/groups/1474821309546774/?ref=share_group_link

SETIAP lelaki pasti mendambakan istri salehah. Selain agar bisa membimbing anak- anaknya juga dapat memenuhi semua kebutuhan suami untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah. Bersama kelak juga akan dipertemukan kembali di surga.


Menikah sendiri merupakan salah satu anjuran dalam islam agar dapat meneruskan keturunan seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran :


“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.” [QS.An-Nahl (16):72].


Tentu para lelaki, baik yang akan menikah maupun sudah memiliki pasangan, bertanya-tanya tentang bagaimana ciri–ciri wanita salehah? 


“Ciri-ciri wanita salehah ada banyak di antaranya tidak meninggalkan kewajiban agama, mampu menjaga diri dari yang bukan muhrim, taat pada suami, tidak suka berdandan kecuali untuk suaminya, menjaga auratnya, dan mampu memberikan suasana teduh, ketenangan berfikir dan berperasaan bagi suaminya,”


1. Tidak Meninggalkan Kewajiban Agama


Hadits Rasulullah dalam kitab Mukhtarul Ahaditsin Nabawiyyah:


“Apabila seorang wanita salat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, taat kepada suami, menjaga kehormatan dirinya, maka akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia mau.”


2. Mampu Menjaga Diri Dan Harta Suami

Ciri-ciri wanita salehah yang kedua sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an:


“Maka wanita-wanita yang salehah, ialah yang taat (kepada Allah dan kepada suami) lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” [An-Nisa: 34].


Rasulullah bersabda,”Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalehah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu.” (HR Hakim).


3. Taat Pada Suami


Sebagai pemimpin rumah tangga suami biasanya meminta istrinya untuk melakukan berbagai hal, maka dari itu sebagai istri wajib untuk mematuhinya dengan catatan perintah tidak keluar dari syariat islam.


Rasulullah pernah ditanya; “Wahai Rasulullah, wanita yang bagaimana yang paling baik?” maka beliau menjawab: “Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat (suami), taat jika diperintah dan tidak menyelisihi pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan harta suaminya.” (HR. Ahmad)


4. Terlihat Menyenangkan Di Depan Suami


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”.


(HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)


5. Menutup Auratnya


Menutup aurat merupakan anjaran islam untuk para umat perempuannya, jika ingin menjadi istri salehah hendaklah dia menutup auratnya.


“Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).[HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]


6. Mampu Memberikan Suasana Teduh, Ketenangan Berfikir Dan Berperasaan Bagi Suaminya


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: ”Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. 


Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.”(QS Ar Rum [30]: 21).


Semoga bermanfaat

Barakallaahu Fiikum..

#Fb_SyakiraAl


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments