Cari Dakwah

Hukum mengumandangkan adzan untuk ruqyah mengusir setan

Baca Juga :


 


Adzan Untuk Mengusir Setan


Pertanyaan:

Izin bertanya.

Kalo adzan ketika mau shalat setan kan lari. Apakah berlaku juga adzan di luar shalat?

Jazakallahu khairan ustadz.


(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Grup Whatsapp Bimbingan Islam)


Jawaban:

Sebagian ulama menyatakan bolehnya hal tersebut yaitu mengumandangkan adzan untuk mengusir syaithan dan mengumandangkan adzan untuk orang yang kesurupan atau untuk beberapa tujuan lain di luar waktu shalat. Disebutkan dalam salah satu redaksi fatwa:


“Telah shahih dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bahwa syaithan lari sambil buang angin saat mendengar suara muadzin. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


“Jika panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Apabila panggilan adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, ‘Ingatlah ini dan itu’. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya.” (Muttafaqun Alaih).


‘Dalam hadits ini tersebut dalam konteks adzan shalat. Dan sebagian para ahli ilmu menyebutkan adanya alasan yang menunjukan pensyariatan adzan untuk mengusir syaithan di luar waktu shalat. Imam Al Haitami menyatakan di dalam kitab At Tuhfah ;


‘Disunnahkan adzan pada waktu selain shalat seperti adzan untuk bayi, orang yang sedih, orang kesurupan, orang yang emosi, orang yang buruk akhlaknya. Dan adzan di tengah para tentara, ketika terjadi kebakaran.” (Fatawa Islamweb no. 286717).


Wallahu a’lam.


Dijawab dengan ringkas oleh:

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله

Jumat, 30 Rabiul Awal 1443 H/ 5 November 2021 M


#adzan #adzanmerdu #suara #setan #jin #syaitan

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments