Cari Dakwah

Apa itu kelompok murjiah dan bagaimana ciri cirinya?

Baca Juga :

 


__


📌APA ITU MURJI'AH?


Di antara kelompok sesat yang telah menyimpang dari jalan Rasulullah [ﷺ] dan para sahabatnya adalah kelompok Murji‘ah. Ia merupakan kelompok sempalan yang berorientasi pada pendangkalan keimanan. Syubhat-syubhatnya amat berbahaya bagi tonggak-tonggak keimanan yang telah terhunjam dalam sanubari umat. Dasar pijakannya adalah akal dan pengetahuan bahasa Arab yang dipahami sesuai dengan hawa nafsu mereka, layaknya kelompok-kelompok bid’ah lainnya. Mereka berpaling dari keterangan-keterangan yang ada dalam Al-Quran dan As-Sunnah, serta perkataan para sahabat dan tabi’in.

📚[Lihat Majmu’ Fatawa, 7/118]



📌DIANTARA KAIDAH MURJI'AH


Diantara kaedah murji'ah adalah bid'ah amaliyah tidak mengeluarkan dari ahlussunnah.

Padahal, jangankan keluar dari ahlussunnah yang notabenenya masih muslim, bid'ah amaliyah bahkan bisa mengeluarkan dari islam, seperti bid'ah sujud kepada kuburan.


Bid'ah 'amaliah juga terbagi, ada yg idofy ada yg asliya, ada yg ijma' ada yg khilaf. Ini semua harus diperhatikan sebelum menghukumi seseorang ,dan juga dlihat kepada pelakunya, apakah terpenuhi syarat dan hilang mawani'nya, maka menetapkan kaidah mutlak bahwa bid'ah amaliyah tdk mengeluarkan dari ahlussunnah ini adalah kaidah murji'ah.


Ustadz Abul Irbadh Supriano Hafizhahullahu ta'ala

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments