Cari Dakwah

Apakah permainan capit boneka itu judi dalam Islam?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





Bismillāh.


Bagi yg belum tahu, ini adalah jenis permainan yg mana kita diwajibkan untuk membeli koin terlebih dahulu, setelah koin dimasukkan, kita dapat menggerakkan capit yg berada di atas tepat sejajar dgn boneka yg diinginkan. Jika sudah merasa pas, tekan tombol, lalu perlahan capit akan mulai turun dan mencapit boneka yg kemudian diarahkan ke kotak exit. Jika beruntung, boneka tersebut akam menjadi milikmu.


_________________________________________________________


Usaha mesin permainan seperti ini adalah terlarang dan tidak boleh digunakan, dimana di dalamnya terkandung unsur perjudian. Unsur yg dimaksud adalah uang atau koin yg mewakili uang dimasukkan dlm mesin capit boneka, kemudian bertaruh apakah dapat boneka atau tidak.


Sebagaimana firman ﷻ,


“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

(QS. Al Maidah: 90)


Bagaimana jika usaha mesin capit boneka tidak memakai unsur perjudian?


Disarankan agar tidak memilih usaha mesin capit boneka, karena boneka yg dibolehkan adalah utk permainan anak² saja dan syarat bonekanya adalah tidak membentuk makhluk hidup sempurna, sedangkan hal ini tidak mungkin dihindari oleh mesin² capit boneka. Bahkan banyak boneka di zaman modern ini, bentuknya menyerupai makhluk hidup secara utuh, dan hal ini dilarang dlm agama kita yg mulia.


Jika masih tetap berdalih bonekanya tidak utk dimainkan, hanya jd pajangan, seharusnya takut dengan ancaman Rasulullāh ﷺ berikut :

“Malaikat tidak akan masuk pada rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar (makhluk bernyawa)” (HR. Bukhari, no. 3226 dan Muslim, no. 2106).


Wallāhu a'lam.


Sumber : Bimbinganislam.com


#sunnah #kajiansunnah #dakwahsunnah #kajianislam #dakwahislam #beraniberhijrah #ustadzadihidayat #ustadzabdulsomad #ustadzkhalidbasalamah #dakwahtauhid #nu #pemudahijrah #hijrah #ngaji #tauhid #salaf #manhajsalaf #aswaja #akhwat #ikhwan #muslim #muslimahindonesia #bajumuslim #pekanbaru #indonesiamengaji #aswaja #sahabatsurga #hadits #capitboneka #haram

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments