Cari Dakwah

Hukum sedekah demi konten dalam Islam

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



MENCARI KONTEN ATAU PAHALA?


Dimasa pandemi banyak bermunculan orang-orang berhati mulia, para darmawan yang membagi-bagikan uang ratusan bahkan puluhan juta rupiah kepada rakyat miskin yang terdampak dari efek covid 19. 


Begitu banyak “berseliweran” manusia-manusia berhati malaikat menyebar kebaikan ke segenap penjuru-semoga Allah balas kebaikan mereka dengan balasan tak terhingga- allahumma amin.


Bermunculan pura para artis dan pengusaha sukses menjadi inspirator banyak orang untuk mengikuti jejak mereka, walhamdulillah sungguh tontonan yang menggugah hati dan melembutkan jiwa.


Namun sekedar mengingatkan saja kepada seluruh pembaca bahwa dibalik adegan yang menyentuh kalbu tersebut , tersimpan berbagai bentuk niat dan tujuan. 


Bila niatnya karena mengharap ridho Allah semata maka satu kebaikan mereka akan dilipat gandakan minimal sepuluh lipatan hingga tujuh ratus kali lipatan atau lebih. Sebaliknya bila sekedar mencari sensasi. simpati folower, menaikkan rating dan mendapat inkam berlipat ganda dari youtube dan semacamnya, maka celakah ia kelak di akhirat.


Adapun di akhirat semua kan menjadi nihil bagaikan perumpamaan debu yg menempel tebal pada batu cadas kan habis bilamana disiram hujan, terancam pelakunya menjadi orang yang pertama dibakar di neraka sebelum dibakar kaum kafirin dan munafikin.


Menampakkan sedekah, mempertontonkannya adalah baik baik saja bahkan bisa menjadi tuntunan, namun menyembunyikannya lebih selamat dari riya dan lebih dicintai Allah,Allah berfirman:


إِن تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ [البقرة : 271]

Bila kalian menampakkan sedekah alangkah baiknya ia, namun apabila kalian menyembunyikannya dan memberikannya kepada para fakir miskin akan lebih baik lagi, dan dengannya Allah akan mengampunkan dosa-dosa kalian dan Allah Maha mengetahui apa yang kalian lakukan.


Bersedekah itu memanglah berat, dan lebih berat lagi mengikhlaskannya hanya untuk Allah, tak berharap balas secuilpun dari makhluk, walau hanya ucapan terima kasih.

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا [الانسان : 9]


Sesungguhnya kami memberikan kalian jamuan makanan hanyalah karena Allah,kami tak berharap dari kalian balasan dan ucapan terima kasih.


Apalah artinya kau berletih-letih mencari harta dan menyedekahkannya bilamana hanyalah kan menjadi bumerang bagimu, menjadi kendaraan yang menghantarkannmu ke neraka?.


Nabi bersabda:


إن الله يحب العبد التقي الغني الخفي(رواه مسلم)


Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertakwa, yang selalu merasa cukup (dengan pemberian Allah) dan yang tidak ingin dikenal. HR Muslim.


Sahabat…

Jadilah kau makhluk yang dikenal dilangit, meski tak terkenal di bumi,daripada menjadi selebriti di bumi namun gelandangan tak dikenal dilangit.


Batam, 12 Zulhijjah 1442/22 Jul 2021


Abu Fairuz My


@thesunnah_path | @repair.iman

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments