Cari Dakwah

Tidak sah, bacaan sholat tanpa menggerakkan bibir

Baca Juga :

 



Bismillah


🔰 *Apakah Sah Shalat Tanpa Menggerakkan Bibir ?*


✍🏻 Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah


Dalil yang jelas menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saat membaca dzikir dalam shalat itu menggerakan bibirnya. Khabaab bin Arot radhiallahu ‘anhu pernah ditanya:


أكان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ يقرأُ في الظهرِ والعصرِ ؟ قال: نعم ، قُلنا: بِأَيِّ شيٍء كنتم تعرفونَ ؟ قال: باضطرابِ لِحْيَتِهِ


"Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membaca surah dalam shalat Zhuhur dan ‘Ashar?” Dia menjawab, “Ya.” Kami tanyakan lagi, “Bagaimana kalian bisa mengetahuinya?” Dia menjawab, “Dari gerakan jenggot beliau.” [HR. Bukhari no.760]


Hadits diatas tegas menunjukkan bahwa saat shalat yang bacaanya tidak dikeraskan, maka tetap dituntut membaca ayat Quran atau dzikir lainnya dengan terlihatnya gerakan bibir dan tak cukup membacanya dalam hati saja.


Penegasan membaca yang dimaksud adalah harus disertai dengan adanya gerakan bibir ini diperkuat pemahamannya dengan melihat ayat di bawah:


لا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ


"Jangan engkau (Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Quran) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya". (QS. Al-Qiyaamah: 16)


Lihatlah, ayat diatas menghubungkan pengertian membaca Al Quran dengan gerakan lisan.


Karena itulah Imam Al-Kisaani rahimahullah menegaskan: "Membaca itu tak lain adalah dengan menggerakan lisannya dengan huruf (yang dibacanya itu -pent)". (Badaa’i As-Shonaa’i 4/118)


Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan: Bacaan itu harus dengan lisan, jika seseorang dalam shalatnya hanya membaca didalam hati, maka itu tidak sah. Demikian juga bacaan-bacaan yang lain, tidak boleh hanya dengan hati. Namun harus menggerakan lisan dan bibirnya, barulah disebut sebagai perkataan. Dan perkataan tidak mungkin terwujud kecuali dengan menggerakkan lisan dan bibir". (Majmu’ Fatawa 13/156)


https://dakwahmanhajsalaf.com/2021/12/apakah-sah-shalat-tanpa-menggerakkan-bibir.html

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments