Cari Dakwah

Ahli bidah terpecah belah menjadi beberapa kelompok

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



 Ahli Bid'ah Terpecah Belah


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu dia menuturkan; Rasulullah ﷺ pernah bersabda:


( ( تفرقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة ، أو اثنتين وسبعين فرقة ، والنصاری مثل ذلك ، وتفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة . ) )


“Orang-orang Yahudi akan terpecah belah menjadi 71 atau 72 kelompok, seperti halnya orang-orang Nasrani, dan adapun umatku (muslimin) akan terpecah belah menjadi 73 kelompok.”


At-Tirmidzi berkata: “Hadits ini shahih.”


Hadits ini telah kami sebutkan pada bab sebelumnya, yang di antara redaksinya diisyaratkan dengan ungkapan: "Semuanya ada di Neraka, kecuali satu aliran.” Para Sahabat bertanya: “Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Yaitu mereka yang berada di atas ajaranku dan para Sahabatku."


Jika ada yang bertanya; Apakah golongan-golongan ini dapat diketahui?


Jawabannya; Kita mengetahui perihal perpecahan ini. Kita pun mengetahui induk kelompok-kelompok akibat perpecahan tersebut, dan tiap kelompok itu terpecah lagi menjadi kelompok-kelompok kecil lainnya. Kita memang tidak mengetahui secara detail nama-nama kelompok serta ajaran masing-masing, tetapi kita sudah mengetahui induk dari kelompok-kelompok menyimpang ini, yaitu:


1. Haruriyah atau Khawarij


2. Qadariyah


3. Jahmiyah 


4. Murjiah


5. Rafidhah


6. Jabariyah


Menurut beberapa ulama, induk kelompok-kelompok sesat adalah enam kelompok di atas. Kemudian, tiap-tiap kelompok tadi pun terpecah belah menjadi 12 kelompok, sehingga semuanya berjumlah 72 kelompok .

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments