Cari Dakwah

Apa itu dakwah salafiyah?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





Dakwah Salafiyyah bukanlah suatu kelompok/gerakan/partai/golongan yang serupa dengan Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir atau Jama’ah Tabligh atau NII yang didirikan beberapa tahun yang lalu oleh pemimpin-pemimpin besarnya seperti Hasan Al-Banna, Taqiyuddin An-Nabhani, Muhammad Ilyas dan Kartosuwiryo. Dan Dakwah Salafiyah berlepas diri dari kelompok-kelompok sesat tersebut.


Dakwah Salafiyyah adalah cara/metode memahami agama Islam sesuai dengan pemahaman Salafush Shalih, yaitu Shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Dakwah Salafiyyah adalah penisbatan diri kepada manhaj/metode Salaf yang haq dan bukan aliran baru dalam Islam.


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu berkata: "Tidak tercela orang yang menampakkan Madzhab Salaf dan menisbatkan diri kepadanya. Bahkan wajib untuk menerima hal tersebut menurut kesepakatan, karena tidaklah Madzhab Salaf itu kecuali benar". Majmu’ Fatawa 4/149


Dakwah Salafiyyah adalah penerus dakwah Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam dan para Shahabat radhiallahu 'anhum. Dakwah Salafiyyah adalah pemegang tongkat estafet dakwah generasi pertama umat Islam yang merupakan sebaik-baik generasi umat ini. Dakwah Salafiyyah selalu berusaha mewujudkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits Firqatun Najiyah (Golongan yang selamat): "Yang mengikuti aku dan para sahabatku". [HR. Tirmidzi dengan sanad yang hasan]


Imam Al-‘Auzai rahimahullahu yang berkata: "Bersabarlah di atas sunnah, berhentilah ke mana (para Salaf) berhenti, katakan dengan apa yang mereka katakan dan cegahlah dari apa yang mereka cegah. Telusurilah jejak Salafush Shalih karena akan mencukupimu apa yang mencukupi mereka".


Imam Ahmad rahimahullahu juga berkata dalam awal kitab beliau yang berjudul Ushul As-Sunnah: "Prinsip sunnah (aqidah) kita adalah berpegang teguh dengan metode para Shahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengikuti jejak mereka".


Ustadz Abdurrahman Thayyib, Lc.

Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments