Cari Dakwah

Apakah ada sunnah mengangkat tangan ketika izin keluar dari majelis ilmu kajian?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





Ustadz Abdullah Taslim


✅ Meminta izin ketika meninggalkan majelis merupakan salah satu adab dalam syari’at Islam yang diberlakukan di tengah-tengah manusia. Adab ini menunjukkan ketinggian akhlak, penghormatan kepada sesama, serta menjaga kerukunan dan ukhuwwah. 


✅ Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata: Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Apabila salah seorang di antara kalian berziarah (mengunjungi seseorang), janganlah ia berdiri hingga meminta izin (kepada tuan rumah) terlebih dahulu” (Diriwayatkan oleh Abusy-Syaikh dalam Thabaqaatul-Muhadditsiin bi-Ashbahaan no. 356)


✅ Telah menceritakan kepada kami Waki’, dari ‘Imran, dari Abu Mijlaz, ia berkata: “Apabila seseorang sengaja bermajelis denganmu, janganlah engkau berdiri hingga engkau meminta izin kepadanya terlebih dahulu” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 8/418 (13/169) no. 26180)


✅ Imam Ahmad ditanya: “Apakah jika seeorang ingin keluar dari majelis, ia meminta izin dahulu? Imam Ahmad menjawab: Perbuatan ini adalah kebiasan kaum-kaum yang baik” (Adabus Syar’iyah, 1/416)

____________________


Judul full kajian: cara beragama islam yang benar


link video: https://youtu.be/aSquE9kkVc8

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments