Cari Dakwah

Apakah malaikat juga akan mati?

Baca Juga :

 



___

πŸ“Œ APAKAH MALAIKAT AKAN MATI ?


Menurut kebanyakan ulama’ bahwa para Malaikat akan mati, bahkan Malaikat pencabut nyawa juga akan mati. Akan tetapi dalam hal ini tidak ada dalil yang shoheh dan jelas, akan tetapi dalil yang dipakai masih muhtamalah ( ada beragam interprestasi ). Ada hadits tentang gambar yang sudah dikenal, akan tetapi haditsnya munkar. Lihat buku dhoif At-Taghib wat Tarhib no : 2224.


Diiantara dalil yang ada dalam masalah ini adalah firman Allah :


ΩƒُΩ„ُّ Ψ΄َيْΨ‘ٍ Ω‡َΨ§Ω„ِΩƒٌ Ψ₯ِΩ„َّΨ§ وَΨ¬ْΩ‡َΩ‡ُ 


 “Segala sesuatu akan musnah kecuali Wajah-Nya “

πŸ“š ( QS. Qasas: 28 )


Ibnu Katsir mengomentari ayat ini : “ Allah telah memberitahukan bahwa semua penduduk bumi akan hilang dan akan mati. Begitu juga penduduk langit kecuali yang Allah kehendaki. Tidak ada yang tersisa melainkan Wajah-Nya Nan Mulia. Karena sesungguhnya Allah Tidak akan mati bahkan Dia Maha Hidup tidak akan pernah mati selamanya”


πŸ“š ( Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim : 4/273 )


Allah Ta'alaa mampu untuk mematikan kemudian menghidupkan. Sebagaimana Dia Mampu untuk mematikan manusia dan Jin kemudian menghidupkannya kembali. Kondisi dan masalah Malaikat adalah masalah yang ghoib, anda tidak bisa mengetahuinya melainkan lewat hadits. Tidak ada nash ( dalil ) yang menyebutkan akan kematian malaikat pencatat amal tersebut dengan meninggalnya orang yang dicatat kebaikan atau keburukannya. Begitu juga tidak ada dalil akan tetap hidupnya serta akhir dari kesudahannya. Karena semua itu diserahkan kepada Allah. Maka untuk itu fokuslah terhadap amal kebajikan karena itu lebih utama dan lebih berguna, baik untuk diri pribadi maupun bermanfaat untuk orang lain nantinya.


Wallahu Ta'alaa 'alam bishawab

Semoga Bermanfaat, Barakallaahu Fiiykum. 

.

🌐 Sumber: @almanhaj.or.id

πŸ“ Edited : @senimansunnah

πŸ“· Follow : @senimansunnah 

➡️ Join Channel : t.me//senimansunnahh

-----

-----

#senimansunnah #thesunnahpath

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments