Cari Dakwah

4 golongan yang terusir dari telaga Nabi Muhammad Rasulullah

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 




4 Golongan Yang Terusir Dari Telaga Rasulullah ﷺ


Rasulullah ﷺ bersabda,

إِنِّي فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ مَنْ مَرَّ عَلَيَّ شَرِبَ وَمَنْ شَرِبَ لَمْ يَظْمَأْ أَبَدًا لَيَرِدَنَّ عَلَيَّ أَقْوَامٌ أَعْرِفُهُمْ وَيَعْرِفُونِي ثُمَّ يُحَالُ بَيْنِي وَبَيْنَهُمْ فَأَقُولُ: إِنَّهُمْ مِنِّي فَيُقَالُ: إِنَّكَ لَا تَدْرِي مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ فَأَقُولُ: سُحْقًا سُحْقًا لِمَنْ غَيَّرَ بَعْدِي

“Sesungguhnya aku menunggu kalian di telaga, barangsiapa yang menemuiku akan meminum air telaga tersebut, dan siapa yang meminumnya tidak akan pernah haus selamanya. Ada beberapa kaum yang mendatangiku, aku mengetahui mereka, dan mereka mengetahuiku, kemudian mereka dihalangi untuk sampai kepadaku, maka aku berkata: Mereka adalah termasuk golonganku. Maka dikatakan: Sesungguhnya engkau tidak mengetahui apa yang mereka perbuat sepeninggalmu. Maka aku berkata: Celaka, celaka bagi siapa yang merubah setelahku." [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi radhiyallahu'anhu]


Al-Imam Al-Qurthubi menyimpulkan dari banyak hadits dan penafsiran tentang orang-orang yang akan terusir dari telaga Nabi ﷺ menjadi empat golongan:


1. Orang-orang yang murtad, keluar dari Islam.

2. Ahli bid'ah, yang menambah-nambah dalam agama tanpa petunjuk dari Nabi ﷺ, yang paling parah 3 kelompok: Khawarij, Syi'ah dan Mu'tazilah.

3. Orang-orang yang suka berbuat zalim, terutama yang memiliki kekuasaan dan orang-orang yang membantu mereka berbuat zalim.

4. Orang-orang yang berbuat dosa secara terang-terangan. (Lihat At-Tadzkiroh, 1/373)


Oleh Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray, Lc.

Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments