Cari Dakwah

Bidah puasa, doa dan amalan khusus di bulan Rajab

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 






Khurasyah bin Al Hurr rahimahullah mengisahkan: "Aku telah melihat Umar radhiallahu ‘anhu memukul telapak-telapak tangan orang yang berpuasa khusus bulan Rajab, hingga mereka meletakkan tangannya pada makanan". Lantas beliau berkata: “Makanlah, karena sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan yang dulunya diagungkan oleh orang-orang jahiliyah". HR. Ibnu Abi Syaibah no.9851, Thabrani dalam Al Austah no.7636


Atsar shahih diatas tegas menunjukkan betapa Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu mengingkari dengan keras yang berpuasa khusus bulan Rajab, dan bahkan beliau menyebutnya sebagai kebiasaan jahiliyah.


Ibnu Hajar rahimahullah berkata: "Tidak ada hadits shahih yang menerangkan tentang keutamaan bulan Rajab, tidak dengan puasanya atau tentang keutamaan puasa khusus di bulan itu, tidak juga tentang shalat malam yang di khususkan pada bulan itu". (Tabyinul ‘Ajab bimaa Warada fi Syahri Rajab, hal.6)


Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Dan semua hadis yang membicarakan puasa Rajab dan salat pada sebagian malamnya adalah dusta yang diada-adakan". (Al-Manaarul Muniif hal.96)


Ibnu Rajab rahimahullah berkata: “Hadits yang menunjukkan keutamaan puasa Rajab secara khusus tidaklah shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.” (Latha’if Al- Ma’arif, hlm. 213)


Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2020/02/bidahnya-amalan-khusus-di-bulan-rajab.html

_______


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments